Syarat dan Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Wednesday, May 25th 2016. | Manfaat

Manfaat Donor DarahDonor darah merupakan beberapa cara manusia dalam hal berbuat kebaikan bagi manusia yang lain. Karena  donor darah biasa dilakukan bukanlah tanpa sebab dan tanpa tujuan tertentu yang sifatnya pribadi, baik itu masalah kesehatan maupun kebugaran tubuh, tetapi dalam melakukan donor darah bagi seseorang memiliki tujuan yang lebih dari sekedar alasan itu. Untuk melakukan donor darah itu sendiri tidak bisa dilakukan oleh sembarangn orang, ia harus memenuhi syarat-syarat tertentu untuk mencegah penularan penyakit berbahaya yang ia derita kepada orang lain yang menerima darahnya.  Dari penelitian yang telah dilakukan bahwa donor darah memiliki manfaat yang cukup baik bagi si pendonor meskipun ada jangka waktu terntu untuk rutin melakukannya, yaitu maksimal 3 bulan sekali. Manfaat dari donor darah diantaranya adalah dengan melakukan donor darah maka sel-sel dalam tubuh akan melakukan pembahruan diri, namun ketentuan menjadi seorang pendonor haruslah dipenuhi apabila ingin mendonorkan darahnya. Berikut ini adalah kriteria seorang pendonor:

manfaat donor darah

manfaat donor darah

Syarat Donor Darah

  1. Memiliki berat badan minimal 45 Kg
  2. Suhu tubuhnya berada pada 36,6-37,5 derajat celcius
  3. Batas Maksimal dalam mendonorkan darah adalah 5 kali dalam setahun, dengan jeda penyumbangan selama 3 bulan.
  4. Denyut nadi pendonor harus teratur sekitar 50-100 kali/menit.
  5. tekanan darah sistole: 110-160 mmHg, dan diastole : 70 – 100 mmHg.
  6. Batasan usia pendonor yaitu 17 -60 tahun ( pada umur 17 tahun sebenarnya tidak disarankan karena masih memiliki konsekuensi yang harus ditanggung secara fisik dan psikologis).
  7. Kadar hemoglobin untuk seorang pendonor pria dan seorang wanita minimal 12,5 gram.

Apabila kita sudah memenuhi syarat-syarat dan ketentuan di atas maka kita baru diperkenankan untuk mendonorkan darah kita kepada orang lain. Berikut ini adalah manfaat donor darah:

  1. Dapat menurunkan kolesterol tubuh

Sebenarnya tidak semua kolesterol di dalam tubuh manusia bersifat merusak, namun ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh manusia yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Dengan melakukan donor darah sebenarnya kita tengah mengurangi kolesterol jahat yang merusak tubuh kita, agar terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kolesterol jahat yang menumpuk seperti darah tinggi, jantung dan lain sebagainya.

  1. Donor darah dapat menurunkan berat badan

Donor darah sebenarnya dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan lemak-lemak yang menumpuk di dalam tubuh kita akan hanyut bersama proses transmisi darah yang dikeluarkan dari dalam tubuh kita.

  1. Dapat menyelamatkan nyawa

Manfaat yang paling utama dari donor darah adalah menyelamatkan nyawa orang lain dari resiko kematian yang disebabkan kekurangan darah. Penyebab kekurangan darah ini bisa dikarenakan kecelakaan dengan luka parah atau karena beberapa penyakit tertentu yang mengharuskan dia cuci darah rutin karena penyakit tersebut.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai manfaat donor darah.

Related For Syarat dan Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan