Nama-nama Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Saat Ini

Sunday, May 31st 2015. | Flora dan Fauna

Hewan Purba Jika kita memikirkan bahwasanya masih ada beberapa hewan yang masih hidup sampai saat ini merupakanlah hal yang luar biasa. Karena hewan-hewan tersebut mampu untuk bertahan hidup selama ini dan juga mampu melawan seleksi alam yang sangatlah ketat. Walaupun untuk sekarang ini jumlahnya sudah tidak terlalu banyak setidaknya masih terdapat beberapa hewan purba yang tergolong hewan pra-sejarah masih hidup sampai saat ini. Pernyataan yang menyatakan bahwa hewan-hewan tersebut tergolong hewan-hewan purba adalah berdasarkan hasil penelitian dari para pakar dan juga para ahli. Berikut ini 7 nama-nama hewan purba yang masih ada sampai saat ini.

Ummidia Audouini

Hewan Purba yang Masih Hidup

  1. Ummidia Audouini

Hewan purba ini tergolong dalam jenis laba-laba dan diperkirakan sudah ada sejak 400 juta tahun yang lalu. Berdasarkan hasil penelitian laba-laba jenis ini memiliki kemiripan dengan kalajengking karena pada bagian punggung laba-laba ini memiliki lapisan khusus yang sama dengan kalajengking. Dan berdasarkan hal tersebut disinyalir laba-laba ini memiliki garis keturunan dengan kalajengking.

  1. Sturgeon

Untuk hewan purba yang satu ini berasal dari jenis ikan dan termasuk dalam ikan bertulang belakang yang tertua. Berdasarkan hasil penelitin hewan purba yang satu ini diduga sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu dan dinyatakan telah melakukan revolusi walaupun berjalan dengan lambat. Namun sekarang ini keberadaan hewan purba ini sudah semakin langka karena menjadi objek bagi para pemancing dan juga terkena polusi air.

  1. Martialis Heureka

Hewan purba yang ini dating dari golongan spesies semut. Martialis Heureka pertama kali ditemukan di hutan hujan Amazon yang dekat dengan Manaus, Brazil. Yang unik dari semut purba ini adalah tidak memiliki mata dan diduga telah ada sejak 120 juta tahun yang lalu. Semut purba ini selama perjalanan hidupnya juga telah mengalami evolusi.

  1. Buaya

Kita pasti sudah sangat mengenal hewan purba yang satu ini yaitu buaya. Di Indonesia banyak terdapat habitan dari buaya. Buaya tergolong dalam hewan purba meskipun secara bentuk sudah tidak sama dengan nenek moyangnya namun secara sifat masih sama sejak 200 juta tahun yang lalu.

  1. Tadpole Shrimp

Tadpole shrimp saat ini sudah terancam punah dan hewan purba ini berasal dari golangan udang atau termasuk hewan laut. Dari hasil penelitian yang didapat hewan ini mengalami evolusi namun tidak secara keseluruhan dan diperkirakan sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu.

  1. Hiu Goblin

Hiu goblin diberikan nama demikian karena memiliki bentuk wajah yang sangat buruk dan juga sangat berbahaya karena keuasannya dalam memangsa. Hiu ini menjadi perwakilan hidup dari garis keturunannya dan merupakan hiu yang sangat langka diperkirakan sudah ada sejak 125 juta tahun yang lalu. Hiu ini sangat jarang ditemu karena mendiami lautan dalam yang tidak tersentuh oleh cahaya matahari.

  1. Horseshoe Crabs

Horseshoe Crabs bisa juga dipanggil dengan kepiting tapal kuda. Berdasarkan pernyataan yang diberikan oleh para ahli kepiting ini sudah ada sejak 450 juta tahun yang lalu. Kepiting ini tergolong hewan yang memiliki umur panjang. Berdasarkan penelitian dari fosil nenek moyang kepiting tapal ini mengalami evolusi namun tidak keseluruhan. Demikianlah beberapa nama-nama hewan purba yang masih ada sampai saat ini.

Related For Nama-nama Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Saat Ini