Mengenal Penyakit Yang Menyerang Kucing

Thursday, November 20th 2014. | Flora dan Fauna

Mengenal penyakit yang menyerang kucing yang sering terjadi. Kucing juga termasuk makhluk hidup jadi ini sangat mungkin kucing juga bisa terserang beberapa penyakit. Penyakit yang biasa neyerang kucing digolongkan menjadi dua jenis yaitu penyakit ringan dan penyakit berat. Penyakit ringan biasanya menegani kutu pada bulu kucing, sedangkan penyakit berat meliputi gangguan pencernaan pada kucing dan juga sakit tulang belakang. Berikut ini kita akan membahas penyakit-penyakit yang menyerang kucing dan juga cara untuk mengobatinya. Kita akan membahas mulai dari penyakit yang ringan samapai penyakit yang berat yang biasa menyerang kucing.

Penyakit Yang Menyerang Kucing

Penyakit Yang Menyerang Kucing

  1. Flu kucing. Penyebab dari penyakit ini karena faktor cuaca dan juga kekebalan tubuh yang menurun ataupun karena si kucing kehujanan. Gejala yang timbul ketika kucing mengalami kucing hampir sama dengan manusia yaitu bersin-bersin dan pilek. Flu kucing tidak mengakibatkan kematian bagi kucing dewasa namun berbahaya bagi anak kucing. Apabila anak kucing terkena flu segera bawa ke dokter hewan terdekat.
  2. Peyakit kulit. Penyakit kulit pada kucing memang tidak terlalu bahaya namun akan membuat kucing tampak tidak enak dipandang dan juga membuat orang atau si pemilik enggan untuk menyentuh. Penyakit kulit ini disebabkan oleh gigitan kutu, jamur, ataupun parasite. Hal ini akan membuat si kucing menderita karena menjadi kurang kasih saying dari sang pemilik. Untuk pencegahan dengan rajin-rajin memandikan dan membersihkan kandang kucing. Sedangkan untuk pengobatan bisa menggunakan lotion anti jamur, atau dengan memandikan kucing dengan shampoo anti kutu.
  3. Infeksi telinga. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah munculnya bau tidak enak dari telinga kucing atau bisa juga terdapat bengkak dan lecet pada telinga kucing. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kuman pada telinga kucing. Untuk pemcegahan sering-seringlah membersihkan telinga kucing. Sedangkan pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan obat tetes yang dijual pada petshop.
  4. Sakit Tulang Belakang. Hal ini terjadi karena kucing mendapat pukulan atuapun terjatuh dari tempat yang tinggi. Gejala yang muncul adalah kucing gemetar ketikan akan bangkit dari tidurnya, tidak terdapat luka pada kaki namun kucing berjalan dengan pincang, dan juga kucing akan enggan dipegang daerah penggungnya. Kucing juga akan sering kehilangan keseimbangan saat berjalan dan berdiri. Untuk mengobatinya bisa menggunakan balsam untuk keseleo yang biasa digunakan oleh manusia.
  5. FIE atau Feline Infectious Enteritis. Penyakit ini disebabkan oleh menurunya jumlah sel darah putih dalam tubuh kucing dan ini merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan kematian terhadapa kucing. Gejala yang timbul adalah diare disertai demam, hilangnya nafsu makan, dan juga muntah-muntah. Cara pengobatan yang terbaik yaitu dengan segera munkin membawanya ke dokter hewan terdekat dan juga terpercaya.

Demikianlah ulasana mengenai mengenal penyakit yang menyerang kucing, semoga setelah anda mengenal berbagai penyakit yang dapat menyerang kucing kesayangan anda, saya harap anda bisa merawat kucing peliharaan anda dengan baik.

Related For Mengenal Penyakit Yang Menyerang Kucing