Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh dan Mata

Saturday, October 25th 2014. | Manfaat

Manfaat Wortel siapa yang tidak kenal dengan wortel. Sayuran yang memiliki morfologi panjang dengan warna orange atau kemerahan ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. Wortel selain dijadikan sebagai sayur atau bahan campuran memasak seperti sup, bahan campuran osengan juga bisa dibuat jus sebagi minuman sehari-hari. Sayuran ini sangat mudah ditemukan, berbagai pasar baik itu pasar tradisional maupun pasar modern sudah menjual sayuran satu ini. Namun juga belum banyak yang sadar bahwa wortel memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, tidak hanya sekedar sayuran semata.

Manfaat Wortel

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

 

Adapun manfaat wortel antara lain ;

1. Menjadikan pandangan mata lebih baik. Kandungan betakoroten pada wortel akan diubah oleh hati menjadi sumber vitamin A. Sehingga siapa saja yang mengkonsumsi wortel secara rutin maka organ penglihatannya akan terjaga dan terhindar dari penyakit

2. Pada wortel terdapat kandungan falcarinol dan falcarindiol yang bersifat memerangi sel kanker. Wortel sangat efektif digunakan sebagai penangkal kanker yang mematikan tersebut

3. Selain kadungan tersebut di atas, wortel juga memiliki kandungan alfa karoten dan lutein yang sangat dibutuhkan oleh organ jantung. Sehingga dengan mengkonsumsi wortel secara rutin seseorang akan terhindar dari penyakit jantung.

4. Wortel juga mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan oleh gigi. Kandungan mineral pada wortel bermanfaat untuk menghilangkan plak dan sisa makanan yang dapat merusak gigi.

5. Wortel dapat dijadikan untuk mencegah stroke sehingga siapa saja yang rutin mengkonsumsi wortel akan terhindar dari penyakit stroke ini.

6. Pada wortel terdapat berbagai macam zat yang sangat dibutuhkan oleh kulit seperti antioksidan dan vitamin A. Kandugan yang ada pada wortel dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit akan terlihat kencang dan awet muda. Unsur vitamin A dan vitamin C pada wortel juga sangat penting bagi kesehatan rambut sehingga jika mengkonsumsi jus wortel secara rutin akan dapat membuat rambut lebih mengkilau dan terhindar dari kerontokan rambut.

7. Kandungan vitamin A pada wortel juga penting untuk membersihkan organ usus besar dan empedu maupun lemak pada organ hati secara alami sehingga berbagai macam racun pada tubuh akan keluar dan tubuh bersih dari racun  yang merugikan.

Jika dilihat sekilas memang wortel adalah salah satu jenis sayuran yang sekarang banyak dibudidayakan. Namun disisi lain kandungan wortel sangat penting bagi tubuh, berbagai macam manfaat wortel sangat membantu menciptakan tubuh yang sehat dan bugar. Sehingga dapat dibenarkan bahwa sumber kesehatan ada pada alam karena semua jenis kandungan mineral, vitamin dan zat lainnya yang diperlukan oleh tubuh adalah berasal dari alam salah satunya sayuran. Setelah mengetahui berbagai manfaat wortel tersebut, sudah seharusnya beralih pada pola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran sehingga sehat atau sakit itu adalah sebuah pilihan.

Related For Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh dan Mata