13 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh

Friday, January 8th 2016. | Manfaat

13 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh – Timun, ketimun atau mentimun (cucumis sativus) adalah salah satu tumbuhan yang dapat kita jadikan berbagai olahan makanan seperti es timun, manisan timun dan yang mungkin sering kita jumpai timun dijadikan sebagai pelengkap hidangan lalapan dalam nasi pecel, nasi goreng dan makanan – makanan yang dijual di tempat lesehan. Manfaat timun yang dapat kita rasakan adalah rasa segar dan sejuk ketika kita mengonsumsinya, sebab didalamnya terdapat kandungan air yang cukup banyak. Selain kandungan air di dalam timun juga terdapat kandungan vitamin A, B, dan C serta berbagai macam mineral seperti silika, kalium, magnesium, dan mangan.

Timun dapat dengan mudah kita dapatkan di berbagai tempat, di pasar, swalayan, toko samping rumah, atau bahkan di kebun belakang rumah kita. Dibalik kesegarannya ternyata timun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, ini tidak terlepas dari banyaknya kandungan – kandungan mineral yang memang dibutuhkan tubuh, akan tetapi perlu diingat jika terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya maka akan berdampak kurang baik kesehatan tubuh kita. Berikut pemaparan berbagai manfaat timun bagi kesehatan tubuh :

manfaat ketimun

Manfaat Ketimun Bagi Kesehatan

Manfaat Mentimun

  1. Tubuh terbebas dari dehidrasi karena timun memiliki kandungan air sebesar 95 %.
  2. Merelaksasi mata yang lelah dan ngantuk, caranya yaitu dengan menempelkan irisan timun pada kelopak mata kurang lebih selama 15 menit.
  3. Mengonsumsi jus timun dalam kadar yang pas dapat melancarkan air seni.
  4. Menurunkan tingkat retensi air, kandungan asam kafeik dan kandungan asam askorbat membuat bengkak di bawah mata berkurang.
  5. Meredakan demam, dengan cara menempelkan perasan timun pada perut tunggu sampai demamnya mereda.
  6. Mengeluarkan racun – racun dalam usus sehingga sistem pencernaan lebih sehat.
  7. Menekan resiko kanker uterin, kanker prostat, kanker ovarium, dan kanker payudara, timun memiliki kandungan – kandungan mineral untuk mengatasi peluang resiko penyakit diatas, diantaranya adalah pinoresinol, secoisolariciresinol dan lariciresinol.
  8. Kandungan enzim yang dimiliki timun dapat membantu pencernaan protein dalam tubuh kita.
  9. Alangkah baiknya mengonsumsi timun tanpa harus membersihkan kulitnya, ternyata di dalam lapisan kulit timun terdapat sumber silika yang dapat memperkuat jaringan ligame dan meningkatkan kesehatan persendian.
  10. Mengatasi gangguan tekanan darah atau tinggi dengan kandungan timun berupa magnesium, potasium dan serat timun.
  11. Anti inflamasi, kandungan biji ketimun bermanfaat untuk mengobati pembengkakan tenggorokan dan selaput lendir dan berfungsi juga sebagai pengusir cacing pita pada saluran pencernaan.
  12. Manfaat timun berupa penurunan asam urat dan pengurangan nyeri sendi dapat anda rasakan manfaatnya dengan cara menyampurkan jus timun yang memiliki kandungan magnesium, kalsium, folat serta vitamin A, B1, C, D dengan jus wortel.
  13. Mengonsumsi timun secara teratur dapat membantu meringankan masalah ginjal dan kandung kemih sebab air kandungan timun memperlancar urinasi.

Dan masih banyak lagi manfaat timun yang tidak bisa diposting semuanya pada kesempatan kali ini. Semoga artikel tentang manfaat timun dapat bermanfaat bagi pembaca.

Related For 13 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh