Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

Sunday, September 4th 2016. | Manfaat

Manfaat Tidur SiangTernyata ada salah satu lembaga yaitu National Sleep Foundation Amerika Serikat, banyak melakukan tentang tentang tidur dan ternyata tidur siang sangat bermanfaat. Tidur siang yang di lakukan selama 20-30 menit ternyata dapat membantu meningkatkan mood, kewaspadaan dan performa anda, dan ada beberapa orang terkenal pun juga melakukanya berikut diantaranya Albert Einstein, John F. Kennedy, Napoleon, Thomas Edison  Winston Churchill, George W Bush  dan Ronald Reagan. Bahkan ternyata  Nabi Muhammad SAW pun melakukan kegiatan tidur siang.

Tidur siang juga dibagi menjadi 3 tipe:

Manfaat Tidur Siang

Manfaat Tidur Siang

  1. Tidur siang terencana : Tidur siang terencana adalah tidur siang yang di persiapkan sebulum anda benar-benar mengantuk. Anda dapan melakukan ini agar mencegah anda dari kelelahan.
  1. Tidur siang darurat : Tidur siang darurat adalah tidur siang yang terjadi karena kelelahan dan menyebabkan kantuk, tidur siang jenis ini dapat di gunakan untuk mengatasi rasa lelah anda pada saat berkendara atau pada saat menggunakan mesin2 berbahaya.
  1. Tidur siang kebiasaan : Tidur siang yang di lakukan diwaktu yang sama setiap hari. Tidur siang jenis ini dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan dalam

National Sleep Foundation AS juga telah memberikan tips tidur siang yang baik : Tidur siang  singkat antara 20-30 menit sangat direkomendasikan karena dapat meningkatkan kewaspadaan jangka-pendek. Tipe tidur siang ini mampu memberikan manfaat yang cukup signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan seseorang  dan performa tanpa mengganggu kegiatan tidur malam hari. Pilihlah tempat yang nyaman dan sepi agar tidur siang anda tidak terganggu oleh aktifitas yang sedang berlangsung selama anda tidur..  Karena beberapa penelitian menunjukan bahwa tidur yang baik adalah tidur yang terlelap.

Manfaat tidur itu sendiri diantaranya :

  1. Meningkatkan dan mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan performa serta mengurangi kesalahan dan kecelakaan dalam melakukan setiap kegiatan. Penelitian juga telah membuktikan bahwa dengan tidur siang selama 40 menit mampu meningkatkan performa sebesar 34% dan kewaspadaan hingga 100%.
  2. Bagi anda yang mengidap penyakit narkolepsi/Gangguan tidur, dapat melakukan tidur siang yang terjadwal karena dapat membantu mengurangi gangguan tidur.
  3. Tidur siang juga mampu memberikan manfaat secara psikologis. Karenan tidur siang dapat menjadi rileksasi yang sederhana dan menyenangkan.

Selain memiliki banyak manfaat namun tidur siang juga memiliki efek sampingnya. Diantaranya :

  1. Tidur siang dapan memicu terjadinya inersia tidur, khusunya jika di lakukan lebih dar 10-20 menit.
  2. Tidur siang juga dapat menyababkan menurunya kualitas tidur di malam hari. Ini bisa terjadi jika tidur siang di lakukan terlalu sore.

Ingat ya sobat istirahat dan tidur dengan baik dan teratur adalah cara terbaik untuk menjaga kondisi kita. Sekian dari saya untuk artikel tentang Manfaat Tidur Siang. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Related For Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh