Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Sunday, November 2nd 2014. | Manfaat

Manfaat TemulawakManfaat Temulawak – Temulawak merupakan salah satu dari berbagai macam tanaman obat yang dapat kita jumpai di tanah Indonesia.  Temulawak memiliki senyawa kimia turmerol dan fellandrean yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Temulawak juga mengandung glukosida, minyak atsiri, fuluymetik, kamfer, kurkuminoid dan karbinol.

Tanaman herba satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat temulawak untuk kesehatan antara lain untuk mengobati gangguan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, mengatasi perut kembung dan lain sebagainya.

Di India Temulawak juga digunakan untuk mengobati osteoarthritis yaitu dengan meringankan peradangan pada sendi dan ini sudah dilakukan sejak dahulu kala. Temulawak juga digunakan untuk obat kanker, seperti kanker prostat, kanker usus, dan kanker payudara. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa kandungan pada temulawak atau curcuma dapat menghambat petumbuhan sel kanker prostat. Temulawak juga bermanfaat untuk menghentikan suplay pembuluh darah pada kanker sehingga pertumbuhan sel kanker dalam tubuh akan berhenti.

Selain kanker terdapat beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi temulawak baik itu ramuan yang diracik sendiri atau ramuan yang sudah jadi siap konsumsi. Manfaat temulawak yang lain adalah untuk mengobati sakit limfa, sakit pinggang dan sakit ginjal. Khususnya bagi pekerja berat dan lebih sering duduk sangat rentan terkena penyakit ginjal. Temulawak juga bisa direbus dan dijadikan minuman rutin yaitu diminum 1-2 kali dalam sehari.

Manfaat temulawak yang lainnya adalah dijadikan obat penyakit asma, masuk angin, sakit kepala, maag, nyeri pada saat haid, kembung, menghilangkan bau anyir pada saat haid, sulit BAB, memperbanyak ASI dan juga menambah nafsu makan.

Begitu banyak manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh kita. Membudayakan apotik hidup memang harus diwujudkan dalam kehidupan nyata. Tidak hanya sekedar pelajaran waktu SD dahulu. Jika tidak memiliki tanaman temulawak sendiri, bahan obat ini dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional terdekat karena bahan obat ini diperjual berlikan secara terbuka.

Dari banyaknya manfaat temulawak tersebut mendorong berbagai ahli tanaman herbal atau obat herbal memproduksi ramuan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Berbagai macam ramuan untuk meningkatkan nafsu makan yang berbahan curcuma atau temulawak ini sangat mudah ditemukan. Toko obat herbal maupun apotik juga menyediakan obat berbahan temulawak ini.

Bagi anda yang menginginkan cara praktis membuat obat dengan bahan dasar temulawak adalah dengan merebus temulawak tersebut dan dijadikan mimunan kesehatan sehari-hari.  Setiap pagi rutin minum satu gelas rebusan temulawak akan memberikan anda hasil yang luar biasa, kesegaran, kebugaran, semangat maupun keinginan untuk makan lebih banyak. Kelebihan cara seperti ini adalah biaya yang dikeluarkan sangat murah dan juga efektif disetiap saat membutuhkan minuman ini. Meskipun terasa pahit, namun manfaat temulawak ini adalah sangat manis.

Related For Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan