Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Sunday, August 7th 2016. | Manfaat

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan –  Teh hijau sudah lama dikenal sejak zaman kuno, bahkan teh hijau pernah digunakan orang cina sebagai ramuan selama 4000 tahun. Teh hijau merupakan salah satu varian teh diantara sekian banyak varian teh yang ada di seluruh dunia. Selain teh hijau terdapat pula varian teh hitam, teh oolong, dan masih banyak lagi varian teh lainnya yang dapat kita temukan. Sering kali kita dapati teh menjadi suguhan disaat ada tamu di rumah, teman bersantai disaat cuaca panas maupun dingin. Memang teh memiliki rasa yang nikmat yang dapat membuat kita terelaksasi dengan aroma khas dan sensasi kesegarannya. Disamping itu teh hijau yang sarat dengan kandungan anti oksidan dan nutrisi lainnya dapat memberikan ekses positif bagi tubuh kita seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolestrol dan masih banyak manfaat teh hijau lainnya.

Teh hijau diolah dengan cara diseduh dari daun tanaman yang bernama camellia sinensis yang biasanya difermentasi agar nilai kandungan gizi dan manfaat teh hijau dapat terjaga. Fermentasi yang dilakukan juga sebagai upaya untuk mengurangi kadar polyphenol yang sangat tinggi dalam teh sehingga kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita tetap seimbang.

Tidak sedikit ahli gizi yang menjamin berbagai macam manfaat teh hijau yang bisa kita peroleh untuk menambah kualitas kesehatan tubuh jika kita secara rutin mengonsumsinya setiap hari, diantaranya :

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Hijau

  1. Manfaat teh hijau yang pertama adalah menangkal radikal bebas di dalam tubuh, teh hijau sebagai sumber anti oksidan alaminya berupa kandungan catechin polyphenol dapat menangkal radikal bebas sehingga menekan kausal munculnya gangguan kesehatan kita.
  2. Manfaat teh hijau yang kedua adalah dapat memperkuat sistem jaringan kekebalan tubuh. Teh hijau yang merupakan sumber anti oksidan alami yang juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama suplemen anti oksidan dapat melawan berbagai macam infeksi dan alergi.
  3. Manfaat teh hijau yang ketiga adalah dapat memerangi berbagai macam jenis kanker. Caranya dengan menjadikan teh hijau sebagai asupan minuman sehari – hari, kemudian tanpa disadari secara perlahan tapi pasti kita telah menghambat anomali pertumbuhan sel – sel dalam tubuh, sebagai contoh sel kanker.
  4. Manfaat teh hijau yang keempat adalah mencegah diabetes. Melalui penelitian para ahli kandungan – kandungan yang dimiliki teh hijau ternyata mampu mengendalikan kandungan kadar gula dalam darah, sehingga porsi kadar gula kita tetap terkontrol.
  5. Manfaat teh hijau yang kelima adalah membantu menurunkan berat badan. Teh hijau yang kita konsumsi secara alami dapat membersih saluran pencernaan dan limbah beracun dari dalam tubuh. Yang kemudian memberikan ekses laju metabolisme yang meningkat sehingga lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh memungkinkan dapat terbakar lebih cepat.

Manfaat teh hijau yang keenam adalah mencegah psoriasis dan ketombe. Kita dapat memperoleh manfaat teh ini dengan cara membilasnya pada rambut. Peran teh hijau pada konteks ini sebagai kondisioner alami yang nantinya akan merangsang pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut dan memberikan manfaat kelembutan pada setiap helainya.

Baca Juga Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan

Related For Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan