Manfaat Sirih Merah Bagi Kesehatan Jantung

Sunday, November 15th 2015. | Manfaat

Manfaat Sirih Merah Bagi Kesehatan Jantung – di alam ini banyak ditemukan tanaman yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya adlah manfaat tumbuhan sirih. Kita sering menemukan tumbuhan sirih ini di sekitar rumah, dan ada banyak jenis tumbuhan sirih ini, Sirih Cengkeh, Sirih Jawa, Sirih Kuning, Sirih Hitam, dan Sirih Belanda. Nah yang sering kita temukan adalah sirih hijau. Namun untuk kali ini kita akan membahas tentang manfaat sirih merah untuk keshatan jantung.

Tanman Sirih merah memiliki nama latin piper betle L. Var rubrum, tumbuhan ini memiliki banyak manfaat sebagi obat- obatan untuk berbagai macam penyakit. Sejak zaman dahulu masyarakat Indonesia, sering mengunyah sirih dengan gambir, pinang, dan kapur, mengapa mereka melakukan itu padahal rasanya sangat pahit, sebab daun sirih dapat menjaga kesehatan gigi. Dengan berkembangnya zaman dan teknologi saat ini, jarang kita menemukan orang tua yang melakukan hal tersebut, karena saat ini sirih sudah diolah menjadi berbagai macam produk pasta gigi agar konsumen mudah untuk mengkonsumsinya.

Karena banyaknya kandungan kimia yang terdapat pada daun sirih, para ahli pengobatan banyak menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman sirih merah memiliki kandungan senyawa fitokimia antara lain saponin, flavonoid, tanin, dan alkoloid. senyawa alkoloid dan plavonoid ini mempunyai aktivitas hipoglikemik yang berfungsi untuk penurun kadar glukosa dalam darah, hal tersebut berdasarkan dari buku A review of natural product and plants as potensial antidiabetic.daun sirih merah

Selain itu dalam daun sirih merah juga terdapat kandungan kimia yang lain seperti, minyak asitri, kavicol, hidroksikavical, allylprokatekol, kavibetol, cineole, tanin, eugenol, karvakrol dan sebagainya. Dengan banyaknya kandungan senyawa yang dimiliki oleh sirih merah, membuat tanman ini memiliki khasiat untuk banyak macam penyakit dan dikenal dengan tanaman seribu khasiat, salah satunya untuk penyakit jantung.

Bila anda tidak ingin memiliki penyakit jantung, daun sirih merah ini dapat anda gunakan untuk mencegah penyakit jantung menghampiri anda, karena sirih merah dapat mencegah dari serangan penyakit jantung. Anda bisa mengolahnya sendiri, dengan cara: siapkan daun sirih merah dengan ukuran yang sedang 3 – 4 lembar, bila ukurannya kecil ambil 6 – 8 lembar. Kemudan cuci sampai bersih, iris kecil- kecil, lalu rebus dengan air sebanyak 4 gelas atau 800 ml hingga mendidih, dan sisakan 2 gelas, saring rebusan tadi. Minum ketika masih hangat sebelum makan dua kali sehari sebanyak satu gelas.

Selain itu, anda bisa menambahkan ramuan obat lainnya, caranya: ambil daun sirih merah sebanyak 3- 4 lembar, belimbing sayur 2 buah, daun gingseng 4  lembar, daun asam 30 gram, dan umbi dea yang kering 3 gram. Semua bahan dicuci bersih lalu iris kecil-kecil. Kemudian rebus dengan 3 gelas air, sisakan sampai 1,5 gelas. Minum ramuan ini tiga kali sehari ketika masih hangat, anda bisa juga menambahkan satu sendok teh madu, setengah gelas sekali minum. Demikian artikel tentang Manfaat Sirih Merah.

Related For Manfaat Sirih Merah Bagi Kesehatan Jantung