Manfaat Renang Bagi Tubuh

Wednesday, August 17th 2016. | Manfaat

Manfaat Renang – Siapa yang tidak mengenal olahraga air yang satu ini renang adalah salah satu jenis olahraga yang tidak kalah populer di bandingkan olahraga lainya, bahkan di sebaigan sekolah-sekolah kita sudah ada yang telah menjadikan orahraga renang ini sebagai olahraga rutin mingguan, karena ada segudang manfaat dari olahraga yang satu ini untuk kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Selain itu berenang juga bisa dibilang olahraga yang minim risiko cedera fisik, karena saat berenang seluruh tubuh kita ditahan oleh air.

Sekarang ayo kita bahas manfaat apa saja sih yang kita bisa dapatkan dari olahraga renang ini.

Manfaat Renang

Manfaat Renang Bagi Tubuh

1. Menghilangkan Stres

Ternyata olahraga renang ini bisa menghilangkan stres loh, karena dengan berenang mampu membuat tubuh kita merasa rileks dan sejenak terlepas dari kepenatan kegian sehari-hari kita.

2. Meredakan Sakit punggung

Berenang juga mampu meredakan sakit punggung yang kita derita karena dengan berenang dapat meregangkan jaringan ikat tubuh kita, dan tentunya sangat baik bagi orang-orang penyandang cacat. penderita nyeri kaki dan punggung bagian bawah.

3. Memperkuat otot–otot

Ternyata dengan berenang secara rutin dengan cara yang baik dan benar mampu menjaga kesehatan jantung, menyembuhkan otot yang terluka lebih cepat dan efektif, menjaga stamina dan membentuk otot yang lebih baik.

4. Mencegah Obesitas

Untuk anda yang kurang percaya diri dengan masalah  obesitas berenang bisa di jadikan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah berat badan anda, karena dengan melakukan olahraga renang dengan teratur mampu membakar lemak dan membentuk otot-otot pada tubuh kita dengan maksimal.

5. Meningkatkan tinggi badan

Berenang ternyata dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang dan otot2 kita loh sobat, terutama pada anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.

6. Kanker Payudara

Untuk para penderita kanker payudara yang telah mengalami pasca operasi sangat disarankan untuk melakukan olahraga berenang ini karena dapat menguatkan otot-otot yang melemah pasca operasi.

7. Ibu Hamil

Namun utuk ibu hamil sebaiknya berenang dengan dipandu oleh instruktur renang yang berpengalaman karena jika tidak dilakuan dengan cara yang benar justru dikhawatirkan dapan mengganggu kehamilan.

Namun olahraga berenang dengan banyak manfaatnya juga bukan berarti tanpa resiko jika dilakukan secara berlebihan dan tidak dengan cara yang baik dan benar, diantaranya dapat mengakibatkan kram jika tidak di awali dengan pemanasan, juga dapat menyebabkan infeksi mata, infeksi kulit, infeksi telinga, diare, dan demam jika air yang digunakan tidak dijaga kebersihanya.

Berenang adalah bentuk olahraga yang membuat badan tetap fit dan sehat. Karena ini adalah olahraga sekaligus rekreasi yang menyenangkan. Anda juga dapat menikmati Manfaat Renang Bagi Tubuh dengan teman atau keluarga di kolam renang bahkan di laut.

Related For Manfaat Renang Bagi Tubuh