Manfaat Omega 3 Terhadap Kesehatan Tubuh

Sunday, November 15th 2015. | Manfaat

Manfaat Omega 3 – omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang diperlukan dan sangat baik untuk tubuh. Omega 3 ini dapat anda peroleh dari suplemen atau makanan seperti ikan salmon, haring, tenggiri, kacang kenari, alpukat, kacang kedelai, ikan tuna, makarel, ikan sarden, walnut, minyak kanola. Sayur bayam, dll.

Asam lemak omega 3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan benar sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan. Setiap orang memerlukan asupan omega 3 setiap harinya. Menurut the institute of medicine merekomendasikan bahwa seorang wanita mengkonsumsi 1,1 gram, sedangkan untuk laki-laki 1,6 gram. Dosia tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan omega 3 setiap harinya. Omega 3 juga mengandung komponen yang sangat penting bagi tubuh seperti DHA serta EPA yang berasal dari sumber makanan berupa ikan, sedangkan LNA dapat berasal dari sayuran hijau.

Berikut ini manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh:

manfaat omega 3

Manfaat Omega 3 Terhadap Kesehatan Tubuh

  1. Dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Omega 3 bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi serta Omega 3 mampu membuat organ arterial menjadi lebih elastis sehingga dapat mencegah penyakit jantung.
  2. Dapat menyehatkan mata. Secara umum omega 3 dapat meningkatkan kesehatan mata.
  3. Dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Sebuah penelitian dilakukan dengan mengkonsumsi ikan yang mengandung omega 3, terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik, selain itu dapat menurunkan kadar trigliserida serta LDL dalam darah.
  4. Dapat meningkatkan kesehatan otak. Omega 3 sangat baik untuk kesehatan otak, sebab dapat mempengaruhi terhadap perkembangan membrane sel dalam sisiem neurologis dalam otak. Selain itu omega 3 juga meningkatkan daya ingat sehingga cocok bagi mereka yang pelupa.
  5. Dapat mengurangi depresi. Omega 3 sanagt baik untuk dikonsumsi oleh anda yang sering mengalami depresi ringan.
  6. Anti inflamasi. Omega 3 bermanfaat untuk memulihkan kondisi penyakit semisal psoriasis, eksim, radang sendi dan asma.
  7. Dapat mengurangi resiko pembekuan darah. Omega 3 juga membantu untuk menurunkan resiko pembekuan darah sehingga mengurangi resiko stroke.
  8. Baik untuk wanita yang hamil. Omega 3 sanagt baik untuk perkembangan mental dan fisik bayi yang ada dalam kandungan.
  9. Dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Bagi anda yang sering mengalami kesakitan sewaktu dating bulan, konsumsi omega 3 dapat mengurangi sakit anda.
  10. Mencegah penyakit Alzheimer. Dengan mengkonsumsi omega 3 setiap hari, anda akan terhindar resiko terkena penyakit Alzheimer.
  11. Baik untuk penderita diabetes. Mengkonsumsi omega 3 dapat menurunkan resiko terkena diabetes 2 kali lipat.
  12. Dapat meningkatkan perkembangan anak. Omega 3 sangat baik untuk perkembangan mental dan fisik anak.

Demikian uraian tentang Manfaat Omega 3 bagi kesehatan tubuh.

Related For Manfaat Omega 3 Terhadap Kesehatan Tubuh