Manfaat Melon Bagi Kesehatan

Sunday, August 23rd 2015. | Manfaat

Manfaat Melon Bagi KesehatanBuah melon atau Cucumis Melo merupakan buah yang tergolong dalam jenis buah labu-labuan (cucurbitaceace). Buah melon banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan segar. Selain dikonsumsi saat masih berupa buah, melon biasanya dibuat menjadi campuran bahan makanan atau minuman yang menyegarkan. seperti roti, aneka kue, jus, koktail dan lain sebagainya.

Kebanyakan dari kita belum mengetahui manfaat melon selain rasanya yang enak dan menyegarkan. Dibalik itu semua sebenarnya melon memiliki kandungan nutrisi yang kaya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nutrisi yang dikasung buah melon merupakan nutrisi yang cukup penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Dari 100 gram daging buah melon dapat kita temukan berbagai gizi seperti karbohidrat sebanyak 14,8 gr, protein sebesar 1,55 gr, lemak sebanyak 0,5 gr, potasium sebesar 546,9 mg, vitamin A sejumlah 5.706,5IU dan vitamin C sebanyak 74,7 mg.

Di sini kita akan manfaat buah melon dari sisi kesehatan, sebagai berikut:

Gizi yang terdapat dalam buah melon memang terhitung lengkap untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh kita. Maka tidaklah mengherankan apabila kita dapat menemukan sejumlah manfaat buah melon untuk kesehatan. berikut penjelasan manfaat buah melon.

Manfaat Melon Bagi Kesehatan

Manfaat Melon Bagi Kesehatan

  1. Anti aging pada buah melon

Dalam dunia kesehatan ada istilah yang disebut dengan kolagen, yaitu sebuah zat yang digunakan untuk mengurangi dampak penuaan dini pada beberapa wanita yang ada didunia agar terlihat awet muda. Kolagen inilah juga terkandung dalam buan melon dan cukup besar jumlahnya, selain itu kolagen yang terdapat dalam buah melon bukan hanya untuk mencegah penuaan dini tetapi juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Baik untuk program diet

Kurang lebih ada 90 % kandungan yang terdapat pada melon merupakan air yang dapat memberikan sensasi segar dan menyegarkan panas dalam. Buah melon ini menurut beberapa ahli memiliki kadar kalori yang rendah, non-kolesterol dan rendah lemak, maka buah melon ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang sedang melaksanakan program diet, maupun untuk merampingkan perut buncit.

  1. Dapat mencegah kanker

Melon memang tergolong buah yang segar seperti semangka, labu dan lain sebagainya. Sebagaimana buah-buah tersebut melon mempunyai kandungan karotenoid yang berfungsi mencegah kanker masuk ke dalam tubuh. Karotenoid merupakan zat pigmen yang memberikan warna pada sayur dan buah. Dan apabila sebuah buah atau sayur memiliki kandungan karotenoid yang tinggi maka semakin kuat ia bisa mencegah terjadinya kanker, sebagaimana halnya melon yang memiliki manfaat mencegah terjadinya kanker payudara dan kanker paru-paru.

  1. Mencegah terjadinya impotensi

Dari beberapa penelitian ilmuan Inggris, buah melon banyak mengandung asam amino yang biasa disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginie. di mana arginie sendiri memiliki fungsi meningkatkan aliran darah dalam tubuh, terutama yang menuju kepada organ seksual. dengan aliran darah yang lancar kepada organ seksual maka dapat mencegah disfungsi ereksi (impotensi).

Demikian uraian yang dapat saya sajikan mengenai manfaat buah melon.

Related For Manfaat Melon Bagi Kesehatan