Khasiata dan Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Tuesday, December 2nd 2014. | Manfaat

Khasiat dan  Manfaat Kunyit Putih Bagi KesehatanKunyit merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dimanfaatkan rimpangnya sebagai bumbu masak atau juga dijadikan bahan ramuan untuk berbagai macam penyakit. Terdapat dua jenis kunyit yaitu kunyit kuning yang biasa kita lihat dan juga kunyit putih. Berbeda dengan kunyit kuning, kunyit putih memiliki warna putih pada dagingnya

Kunyit bisa tumbuh dimana saja bahkan dilahan yang tidak bisa ditanami oleh tanaman lain seperti ladang bambu. Tidak diperlukan cara yang sulit untuk menanam kunyit. Hanya saja banyak petani yang kurang memperdulikan tanaman ini, karena memiliki nilai jual yang dinilai rendah sehingga menanam kunyit hanya sekedar untuk kebutuhan sendiri.

Kunyit memiliki nama lain Curcuma longa linn. Syn Curcuma domestikal. Kunyit termasuk rempah lokal yang berasal dari Asia Tenggara. Kemudian kunyit ini menyebar ke daerah-daerah seperti Indonesia, Indo Malaysia, Australia bahkan sampai ke Afrika. Hampir seluruh masyarakat asia pada umumnya menggunakan rempah ini sebagai bumbu masak dan ramuan kesehatan serta kecantikan.

Sedangkan kunyit putih memiliki nama latin Curcuma Alba L dari jenis Kaemferia rotundus, Bangsa Zingiberales, Suku Zingiberaceae, dan Marga Kaemferia.
kunyit putih juga disebut dengan curcuma mangga atau biasa dikenal dengan temu mangga, atau masyarakat Yogyakarta menyebutnya sebagai kunir putih. Dalam dunia farmakologi Cina dan pengobatan tradisional kunyit putih dapat digunakan untuk antinflamasi, menghentikan pendarahan dan menambah nafsu makan. Bahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit putih bersifat antineoplastik atau dapat merusak ribosom pada sel kanker sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Penyakit apapun dapat diobati dengan menciptakan apotek hidup dan mendapatkan bahan obat dari alam karena obat dari segala macam penyakit telah disediakan oleh alam ini.

Manfaat kunyit putih antara lain sebagai berikut:

khasiat kunyit putih

Manfaat Kunyit Putih

  1. Mengobati masuk angin
  2. Untuk mengobati sakit perut
  3. Mengobati memar
  4. Mengobati penyakit kanker
  5. Mengobati tumor
  6. Membantu mengurangi berat badan
  7. Menambah nafsu makan
  8. Melancarkan aliran air seni
  9. Mengobati penyakit asma dan sesak nafas
  10. Menghentikan pendarahan
  11. Merupakan antioksidan
  12. Membantu produksi sel darah merah
  13. Menyegarkan badan

Dan masih banyak lagi manfaat kunyit putih bagi kesehatan badan. Proses pembuatan ramuan kunyit bisa dilakukan dengan mengambil air dari parutan kunyit dan juga bisa dengan merebus kunyit putih dan dijadikan minuman sehari-hari. Bagi siapa saja yang ingin mendapatkan manfaat kunyit putih,  sebaiknya mulai menanam kunyit putih ini sebagai apotek hidup dan bisa diambil kapan saja ketika dibutuhkan. Atau bisa membelinya di pasar tradisional terdekat karena kunyit putih dijual bebas dipasaran dan bisa didapatkan bagi siapa saja.

Related For Khasiata dan Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan