Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Monday, August 8th 2016. | Manfaat

Manfaat Kulit Manggis. Buah manggis memiliki nama latin Garcinia Mangostana dan termasuk pada keluarga Clusiaceae. Buah manggis atau yang biasa dikenal dengan Queen Fruit karena mahkota yang dikenakannya memiliki banyak selain manfaat. Selain kaya akan vitamin dan memiliki tekstur daging buah yang putih dan lembut serta kaya akan air.

Namun yang menjadi populer dalam dunia herba adalah kulit manggis atau ekstrak kulit manggis. Kulit manggis memiliki banyak sekali manfaat, maka tidak jarang kita dapat menjumpai berbagai produk herbal yang diproduksi dari kulit manggis.

Beberapa kandungan dan manfaat kulit manggis adalah sebagai berikut:

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Manggis

Kulit manggis mengandung Xanthone yang sangat bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti alergi. Dan juga kulit manggis dijadikan sebagai bahan obat karena komponen proanthocyanidins, catechin, polisakarida dan sterol. Xanthone merupakan senyawa polifenol yang secara biologis aktif dan scara struktural mirip bioflavanoids. Dari 200 Xanthones alami yang telah diidentifikasi, 40 jenisnya ditemukan dalam buah manggis. Kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis bersifat anti proliferasi dan apoptosis yang  efektif untuk menghambat pertumbuhan dan  menghancurkan sel-sel kanker.

Manfaat lain dari kulit manggis adalah dapat dijadikan sebagai obat sariawan karena kandungan vitamin C di dalamnya. Pengobatan ini dapat dilakukan dengan menyiapkan kulit dari 2 buah manggis, kemudian dicuci bersih dan dipotong-potong. Potongan kulit manggis direbus dengan 3 gelas air sampai air berkurang setengahnya, angkat dan dinginkan. Setelah air  rebusan itu dingin sairng hasil rebusan kulit buah manggis dan dibuat untuk berkumur.

Manggis telah menjadi buah favorit di Filiphina. Selain memanfaatkan buahnya, masyarakat Filiphina menggunakan kulit manggis sebagai obat yaitu dengan merebus kulit manggis tersebut. Berbagai macam penyakit dapat diobati dengan rebusan kulit manggis ini seperti demam, sariawan, diare disentri dan gangguan saluran kencing.

Manfaat lain yang didapatkan dari buah manggis adalah sebagai pencegah penyakit jantung. Buah manggis kaya akan mmineral seperti manga, tembaga dan magnesium. Kandungan yang terdapat pada kulit manggis dapat  melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peradaran darah sehingga tidak ada penumpukan lemak menyebabkan jantung koroner.

Kandungan antioksidan yang ada pada kulit manggis juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebsa. Sehingga siapa saja yang mengkonsumsi sari atau ekstrak kulit manggis akan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit.

Begitu banyak manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai macam penyakit dalam maupun penyakit luar. Penyakit yang sulit diobati dan membahakan yang menjadi ancaman bagi seseorang. Untuk itu mengkonsumsi buah manggis dan ekstrak kulit manggis menjadi alternatif yang dari bahan herbal. Sehingga tidak memerlukan banyak biaya untuk pengobatan karena semua obat sudah tersedia di alam ini  tinggal kita harus mencari tahu, termasuk khasiat kulit manggis ini.

Related For Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan