Inilah Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Friday, November 14th 2014. | Manfaat

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Kopi merupakan suatu tanaman yang kini banyak dibudidayakan oleh petani. Tidak ada yang tidak kenal dengan tanama ini. Kopi memiliki morfologi buah bulat kecil dengan 2 atau 3 kepingan biji di dalamnya. Biji kopi itulah nantinya yang akan dijadikan sebagai bahan minuman. Kopi sekarang menjadi produk brand dan memiliki peminat yang tidak terhitung setiap harinya.

Terdapat banyak jenis kopi yang dibudidayakan oleh masyarakat baik itu sebagai bahan konsumsi sendiri maupun untuk lahan usaha. Berbagai macam jenis kopi seperti kopi robusta arabica maupun kopi lokal dan kopi luwak seakan menjadi sebuah kebutuhan bagi penikmat dan pecinta kopi.

Pada kopi terdapat kandungan kaffein yang dapat membuat orang terhindar dari rasa kantuk dan bisa membuat penikmatnya memiliki rasa kecanduan pada kopi itu sendiri. Kaffein merupakan senyawa kimia alkaloid atau trimetilsantin (C8H10N4O2) dengan presentase 1,5%. Namun jangan salah bahwa kopi memiliki kegunaan yang sangat penting bagi tubuh.

Manfaat kopi bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

Manfaat Kopi

Manfaat Kopi

  • Sebagai pencegah timbulnya penyakti jantung dan stroke. Berdasarkan penelitian terhadap 83000 wanita pada usia 24 tahun menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi 2-3 cangkir per hari memiliki resiko terkena penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah dariapada yang tidak mengkonsumsi kopi.
  • Kopi dapat mencegah penyakit kanker dan diabetes. Berdasar pada hasil penelitian didapatkan bahwa kopi dapat mencegah penyakit kanker payudara, kanker mulut, kanker usus dan kanker hati. Selain itu kandungan yang berada pada kopi dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit serius penyakit Parkinson, batu empedu, sironis hati dan sebagainya.
  • Kopi dapat meningkatkan stamina dan energi. Kaffein dalam kopi memiliki fungsi yang sama denga adenosin dalam tubuh. adenosin adalah senyawa pada sel otak yang berfungsi orang gampang mengantuk dan cepat tidur. Kafein dapat memperlambat gerak sel tubuh sehingga tidak mudah lelah dan mengantuk sehingga muncul perasaan yang semangat, memacu kerja jantung dan naiknya tekanan darah.
  • Seimur Damond, M.D. dari Chicago’s Diamond Hadhe Clinic menyatakan bahwa kafein pada kopi dapat mengurangi sakit kepala atau migrain ringan hal ini dibuktikan dengan pengobatan yang dilakukan dengan secangkir kopi pekat.
  • Kopi dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Kandungan antioksidan pada kopi dapat menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf pada otak untuk bekerja dengan baik. Kafein apda kopi berfungsi sebagai stimulan dan dapat dirangsang dengan indera dan meningkatkan metabolisme sehingga dapat berkonsentrasi dengan baik dan mengatasi depresi.

Begitulah berbagai macam manfaat dapat ditemukan pada kopi. Meminum kopi secara rutin dan porsi yang benar akan membantu tubuh menjadi berkembang lebih baik dan sehat. Namun jika bagi anda yang memiliki penyakit maag, sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi karena kandungan kafein yang ada pada kopi. Untuk itu bagi pecinta kopi, agar mendapatkan manfaat kopi dengan baik, sesuaikan juga dengan aturan kemampuan dan takaran yang tidak berlebihan karena dengan berlebihan segala hal bisa berbahaya.

Related For Inilah Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui