Khasiat dan Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Tuesday, August 4th 2015. | Manfaat

Manfaat kolang kaling – Kolang kaling atau buah atap merupakan jenis buah-buahan yang biasa dijadikan cemilan, di mana buah ini mengandung kadar air yang cukup tinggi yaitu mencapai 98%. Kolang kaling sendiri merupakan buah yang berasal dari pohon aren yang diolah secara khusus.

Proses pembuatan kolang kaling cukup rumit, buah aren yang sudah dipetik dikumpulkan menjadi satu kemudian dibakar dengan tujuan menghilangkan getah dari pohon aren. Setelah dibakar maka selanjutnya diambil isi buahnya dan diremdam di air kapur selama beberapa hari, kemudian tinggal menunggu hingga isi rendaman itu menjadi kolang kaling yang siap dikonsumsi.

Perlu diketahui bahwa kolang kaling memiliki banyak sekali manfaat selain rasanya enak. Kandungan gizi yang dimiliki oleh kolang kaling sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini manfaat kolang kaling bagi kesehatan:

manfaat kolang kaling

Manfaat Kolang Kaling

  1. Melancarkan Pencernaan

Kolang kaling merupakan salah satu buah yang kaya akan serat, dimana serat tersebut sangat bagus untuk membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita. Karena kandungan serat yang tinggi kolang kaling dapat membuang racun-racun dalam tubuh dengan mengikatnya dan membuangnya bersama kotoran yang dikeluarkan oleh tubuh kita. Selain itu, kolang kalin kaya akan karbohidrat yang dapat mengenyangkan perut kita dan menyuplai energy bagi tubuh kita. Kolang kaling sangat bagus bagi seseorang yang melakukan program diet yang sehat dan alami.

  1. Mengobati Radang Sendi

Kolang kaling sebagaimana yang saya sebutkan di atas memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak, sedangkan karbohidrat yang dikandungnya merupakan jenis karbohidrat galaktomannan, dimana zat tersebut sering digunakan dalam dunia medis sebagai bahan obat radang sendi, karena fungsinya dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian. Apabila anda mengidap penyakit radang sendi disarankan untuk mengkonsumsi kolang kaling rebus tanpa gula atau bahan pewarna sebanyak 100-200 gram dalam jangka waktu sehari, hal ini akan membuat rasa nyeri pada persendian anda berkurang.

  1. Mencegah Osteoporosis

Kolang kaling ternyata selain mengandung mineral dan karbohidrat yang tinggi, ia juga mengadung kalsium yang cukup tinggi juga, setiap 100 gram buah kolang kaling mengandung 91 miligram kalsium, sehingga dengan jumlah tersebut kolang kaling sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan akan kalsium tubuh kita. Sehingga kolang kaling sangat bermanfaat bagi mereka yang alergi terhadap susu.

  1. Mengobati Gatal-Gatal

Getah buah kolang kaling yang masih mentah memilki manfaat yang sangat luar biasa, dimana getah tersebut dapat digunakan untuk mengobati penyakit gatal-gatal. Caranya ambilah beberapa tetes dari buah kolang kaling kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terkena gatal-gatal, maka anda akan merasakan kulit anda kesegaran getah itu, dan bentol-bentol karena gatal-gatal tersebut akan hilang dengan segera.

Demikain uraian yang dapat saya berikan tentang khasiat kolang kaling.

Related For Khasiat dan Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan