Khasiat dan Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Saturday, November 15th 2014. | Manfaat

Manfaat Kayu Manis. Dalam dunia kuliner Indonesia sudah sering kita dengan istilah atau benda kayu manis ini. Kayu manis dijadikan sebagai bumbu masak dan juga dijadikan sebagai pemanis alami. Kayu manis memiliki nama ilmiah Cinnamomum Burmannii Blume merupakan tumbuhan asli Asia Selatan, Asia Tenggara dan Cina sehingga keberadaan kayu manis di negara ini sangat melimpah.

Kayu manis memiliki banyak manfaat dalam berbagia industri seperti industri makanan, minuman, kosmetik, farmasi, rokok dan industri yang lainnya banyak yang menggunakan kayu manis sebagai bahan campurannya.

Menurut Thomas dan Deuthi kayu manis mengandung berbagai macam senyawa seperti safrole, minyak atsiri, tannin, eugenol, cinnamaladehyde, zat penyemak, dammar, kalsium oksalat, etil sinamat, linalool, betakarofilen, metil kavikol, cinnzelanol, benzonate, kumarin, benzyl dan feladren. Keseluruhan senyawa pada kayu manis bermanfaat untuk pengobatan. Penyakit yang dapat diobati dengan kayu manis antara lain masuk angin, tekanan darah tinggi, rematik, batuk, asma, sariawan, dan banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan kayu manis.

Berikut beberapa manfaat kayum mansi antara lain:

Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

 

  1. Mencegah penggumpalan darah. Kayu manis mengandung Cinnamaldehyde yang dapat mencegah penggumpalan daran. Kayu manis dapat mengeluarkan lemak jenis anti peradangan atau bisa disebut dengan arachidonic yang dapat mengurangi penggumpalan darah dan peradangan
  2. Kayu manis bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamu pada tubuh. maka dari itu kayu manis dapat juga digunakan untuk bahan pengawet alami.
  3. Kayu manis bermanfaat untuk mengontrol glikogen atau gula darah. Kayu manis mengandung antioksidan dan dapat membantu proses pencernaan makanan serta membantu memperbaiki insulin pada pasien diabetes.
  4. Kayu manis dapat meningkatkan kinerja dan fungsi otak. Bau kayu manis dapat meningkatkan proses kognitif dan membantu seseorang untuk berkonsentrasi, ketajaman daya ingat dan kecepatan kerja.
  5. Kayu manis dapat menurunkan kolesterol. Kayu manis mengandung serat, kalsium, mangan dan banyak mineral lain pada kayu manis. Sehingga kayu manis sangat membantu proses pencernaan, menjaga kesehatan usus dan dapat melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. serat dan kalsium yang terdapat pada kayu manis dapat menghilangkan kadar garam pada tubuh dan mencegah munculnya kanker usus. Kayu manis juga bisa digunakan untuk mengobati diare.
  6. Kayu manis dapat digunakan untuk menghangatkan badan terutama disaat terserang demam dan influenza.
  7. Mengkonsumsi kayu manis secara rutin dapat menghindarkan seseorang dari alzheimer yang menakutkan

Begitu banyak manfaat kayu manis yang bisa didapatkan, selain digunakan sebagai bumbu masak kayu manis juga memiliki manfaat dan khasiat yang banyak untuk kesehatan baik untuk pencegahan maupun untuk pengobatan. Untuk itu mengkonsumsi ramuan herbal dari kayu manis akan menjadi alternatif penting bagi kesehatan tubuh.

Related For Khasiat dan Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan