Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Tuesday, August 16th 2016. | Manfaat

Manfaat Kacang Merah –  pastinya anda mengenal kacang merah, kacang merah pada dasrnya sama halnya dengan kacang-kacangan yang lain seperti kacang hiau, kacanag polong, kacang kedelai, dan kacang panjang. Kacang merah dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti bubur kacang merah, untuk campuran isi makanan tradidonal seperti onde-onde, dll. Kacang merah juga sering digunakan bersama beras, salad, topping dan juga kari. Namun banyak orang yang takut mengkonsumsi kacang merah, sebab mereka menganggap dengan mengkonsumsi kacang merah dapat memicu kenaikan berat badan dan kacang merah juga menganding gas. Kacang merah memiliki kandungan berbagai nutrisi seperti asam folat, serta, kalsium, protein tinggi, dan karbohidrat yang kompleks, yang bermanfaat untuk ibu hamil dan juga janin. Berikut adalah manfaat kacang merah untuk ibu hamil:

manfaat kacang merah

Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan Ibu Hamil

 

  1. Kacang merah dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah kolesterol jahat. Kacang merah mengandung serat yang bermanfaat mencegah kadar kolesterol jahat dalam darah serta melancarkan sistem pencernaan, sehingga kacang merah juga dapat mencegah kontipasi atau susah buang air besar.
  2. Kacang merah dapat mencegah resiko diabetes. Kacang merah mengandung karbohidrat yang kompleks yang berglikemik indeks yang rendah, sehingga menyebabkan proses pencernaan yang lamban. Kacang merah juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat juga menurunkan resiko diabetes pada ibu hamil.
  3. Kacang merah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang merah mengandung asam folat serta vitamin B6 yang memiliki manfaat dalam pematangan sel darah merah, dapat menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kacang merah juga membantu dalam mensitesa DNA serta RNA.
  4. Menjaga berat badan tetap ideal, kandungan serat yang ada dalam kacang merah sangat mendukung dalam program diet anda.
  5. Mendukung perkembangan massa otot dalam tubuh. Kacang merah mengandung protein nabati yang bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh.
  6. Menaga fungsi sistem syaraf. Kacang merah mengandung thiamin yang bermanfaat mencegah penyaklit beri-beri dan mampu menjaga fungsi syaraf.
  7. Menaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin B6 yang ada dalam kacang merah dapat menjaga kesehatan kulit. Selain itu kacang hijau membantu dalam proses metanolisme asam lemak, asam amino, sintesis, fungsi hemoglobin, serta lipid.
  8. Dapat mencegah risiko anemia. Kacang merah juga mengandung mineral seperti zinc, tembaga, dan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah, tulang dan enzim. Sehingga jika anda mengalami anemia, anda dapat mengkonsumsi kacang merah.
  9. Menambah energi. Zat besi yang terkandung dalam kacang merah dapat meningkatkan metabolisme serta dapat menambah energi pada ibu hamil.
  10. Membantu perkembangan otak dan sel darah merah pada janin. Kacang merah mengandung omega 3 dan omega 6 bermanfaat dalam membantu perkembangan otak janin. Selain itu perkembangan sel darah merah dapat ditunjang jika ibu hamil sering mengkonsumsinya.

Demikian uraian tentang Manfaat Kacang Merah yang bisa saya bagikan kepada sahabat salapan.com semoga kesehatan anda semua tetap terjaga terlebih kepada ibu hamil dan calon anak yang ada didalam kandungannya.

Related For Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan Ibu Hamil