Khasiat dan Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Monday, June 15th 2015. | Manfaat

Khasiat dan Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil – kacang hijau memiliki nama latin Phaseolus Aereus termasuk dalam jenis polong-polongan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Kacang hijau sering diolah menjadi bubur, atau juga menjadi campuran peyek sebagai gantinya kacang tanah. Kacang hijau dengan ukurannya yang mungil ini, ternyata memiliki banyak manfaat. Didalamnya banyak terkandung protein, dan sumber mineral yang penting untuk tubuh. Oleh sebab itulah para ahli gizi sangat menyarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau untuk balita, karena nutrisi yang dikandungnya baik untuk balita.

Phaseolus Aureus atau kacang hijau ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. selain itu kacang hijau ini sebagai salah satu sumber mineral yang penting bagi tubuh, diantaranya: kalsium dan fosfor yang penting dan diperlukan oleh tubuh, kandungan lemak 23% merupakan asam lemak jenuh dan sisanya merupakan asam lemak tak jenuh, jadi mengkonsumsi kacang hijau ini aman bagi siapa pun, terutama untuk ibu hamil.

Berikut informasi tentang kandungan yang ada dalam kacang hijau:

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

  1. Protein tinggi, sebanyak 24% protein yang terkandung dalam kacang hijau. Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai macam olahan kacang hijau agar bayi yang dilahirkan memiliki rambut yang lebat. Protein ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan sel rambut pada janin ibu.
  2. Kalsium dan fosfor, kandungan fosfor dan kalsium dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk tulang.
  3. Kacang hijau mengandung serat yang dapat membantu melancarkan saluran pencernaan dalam tubuh.
  4. Karbohidrat yang kompleks. Bila anda mengkonsumsi olahan kacang hijau, semisal bubur kacang hijau, jika anda memakannya anda akan merasa kenyang lebih lama. Hal itu karena karbohidrat yang kompleks membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga energi yang dihasilkan pun lebih stabil.
  5. Memiliki lemak yang rendah, dengan lemak yang rendah ini menjadikan makanan tidak gampang basi, dan lemak tak jenuh dalam kacang hijau ini sangat bagus untuk kesehatan jantung kita.
  6. Vitamin B1, vitamin B1 sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan meningkatkan nafsu makan, serta dapat memaksimalkan kerja syaraf.
  7. Vitamin B2, untuk menyerap protein yang ada dalam tubuh ini dapat dibantu dengan vitamin B2, oleh sebab itu tubuh akan mudah untuk menyerap protein.

Setelah kita mengetahui nutrisi yang ada dalam kacang hijau sekarang perhatikan penjelasan mengenai manfaat kacang hijau: Kacang hijau dengan nutrisinya yang banyak bermanfaat bagi kesehatan, selain itu kacang hijau dapat mencegah dari berbagai penyakit, serta kacang hijau ini bagus untuk ibu yang hamil. Kacang hijau memiliki kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat yang ada dalam kacang hijau sangat baik untuk perkembangan syaraf janin di masa kehamilan. Selain itu kacang hijau ini dapat mengurangi resiko terjadinya bibir sumbing, kelainan jantung pada bayi, dan juga bisa meningkatkan kecerdasan pada bayi anda. Demikian informasi sedikit mengenai Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil.

Related For Khasiat dan Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil