Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Monday, September 21st 2015. | Manfaat

Manfaat jus Tomattomat yang memiliki nama latin Gycopersicum esculentum Mill, adalah buah yang sering digunakan untuk bumbu masak, sayur asem, dan dijadikan sambal tomat  dan lainnya yang rasanya tentu saja nikmat bukan. Selain itu tomat juga digunakan untuk jus tomat yang rasanya segar dan enak. Buah tomat ini selain memiliki rasa yang enak, juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan juga untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam tomat sangat banyak diantaranya: Posfor, Kalium, Natrium, Besi, sulfur, alkaloid solanin (0,007%), protein, saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), lemak, adenin, kholin, tomatin, gula (glukosa, fruktosa), vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen, niasin), dan histamine, trigonelin, mineral (Kalsium, Magnesium, chlorine).

Zat Rutin dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler, sedangkan Klorin dan sulfur merupakan trace element yang berkhasiat untuk detoksikan. Zat Klorin alamiah dapat membantu menstimulir kerja hati dalam membuang racun tubuh, sedangkan sulfur  dapat membantu melindungi hati dari sirosis hati, dan penyakit hati yang lain. Likopen merupakan pigmen kuning beta karoten yang terdapat pada tomat. Zat tomatin berkhasiat untuk antibiotik. Berikut ini manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh kita:

Manfaat Buah Tomat

Manfaat Jus Tomat

  1. Mengobati jerawat, caranya buat jus tomat 100 ml, kemudian tambahkan 25 ml alkohol 70% kocok merata. Lalu gunakan campuran tersebut untuk menggosok muka yang berjerawat, gunakan sehari 2 sampai 3 kali.
  2. Kulit terbakar sinar matahari, caranya, Cuci daun tomat yang muda yang masih segar, kemudian giling sampai halus. Selanjutnya balurkan pada kulit yang terbakar.
  3. Mengobati Wasir, caranya, Rebus beberapa buah tomat yang sudah matang ke dalam minyak kelapa kira-kira sepuluh menit, kemudian saring dengan sepotong kain. Tunggu sampai dingin, dan oleskan pada wasirnya.
  4. Dapat Mengatasi hipertensi, caranya makan buah tomat yang masih segar sebanyak 1 hingga 2 buah di waktu pagi hari, disaat perut masih kosong.
  5. Dapat Mengobati luka memar, jika anda memiliki luka akibat terpukul atau terbentur obati dengan tomat. Caranya buat jus tomat, kemudian Tim jus tomat  tersebut tambahkan dengan air jahe, kemudian minum setelah dingin.
  6. Untuk mengobati Radang usus buntu, sakit kuning, caranya Minum jus tomat tiga kali sehari satu cangkir.
  7. Mengobati Demam, caranya ambil 3 buah tomat yang sudah matang Cuci bersih, lalu potong-potong seperlunya, selanjutnya lumatkan dalam setengah cangkir air matang dan tambahkan satu sendok makan madu murni. Kemudian peras dan saring airnya, lalu minum 3 kali sehari. Untuk Penderita diabetes melitus jangan menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tidak meningkat.

Dan masih banyak yang lain manfaat jus tomat, demikian artikel kali ini tentang Manfaat Jus Tomat.

Related For Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Tubuh