Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Wednesday, August 10th 2016. | Manfaat

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis – Jeruk nipis telah dikenal sebagai tanaman yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh sejak dahulu. Jeruk nipis memiliki banyak manfaat yang bisa diambil di dalamnya. Hijau warna buahnya, mempunyai panjang 3 sampai 4 cm  diameter ini sedikit dingin dan rasanya asam. Jeruk nipis ini memiliki khasiat dan manfaat cukup banyak, utamanya bagi tubuh karena terkandung vitamin C cukup banyak dibanding dengan jenis buah jeruk lain. Terkandung asam sitrat di dalam jeruk nipis yang mampu mencegah terjadinya kekambuhan untuk pasien setelah menjalani operasi batu ginjal.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang bisa dijadikan alternatif untuk menangkal beberapa penyakit dalam tubuh anda:

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis

1. Obat untuk ambeien

Silahkan jeruk nipis menyiapkan 2 buah, kemudian cuci bersih, selanjutnya silahkan rebuslah dengan air putih kurang lebih kisaran antara 1 liter selama 1/2 jam, dan terakhir saring airnya. Minum selagi masih hangat 3x sehari dengan rutin.

2. Sebagai obat batuk

Siapkan jeruk nipis 1 atau 2 buah dengan ukuran sedang, kemudian cuci bersih dan diperas, selanjutnya campurkan 1 sendok madu murni dan tambah garam sedikit kemudian aduklah bersama dengan perasaannya. Silahkan minum rutin 3x sehari.

3. Obat flu

Siapkan sebuah jeruk nipis, cuci sampai bersih, kemudian peraslah jeruk nipis, tahap selanjutnya tambahkan 1 sdt minyak kelapa dan 2 siung bawang. Oleskan pada kening penderita  flu.

4. Obat sakit gigi

Campurkan perasan air jeruk nipis dengan gilingan legetan warak masing–masing 1 sdt dan gilingan akar kecubung berwarna hitam. Selanjutnya campurkan ¾ air garam dalam sebuah cangkir dan aduk sampai merata. Terakhir yaitu gunakan air saringan dari hasil campuran bahan tadi untuk berkumurdan  lakukan berulang kali hingga beberapa menit kemudian lalu buanglah. Lakukan hal demikian rutin antara 3 – 5 kali sehari.

5. Mengobati Penyakit Kulit (Panu dan Kurap)

Sediakan terlebih dahulu akar landep, kira-kira satu genggam, Jeruk nipis secukupnya dan perban. Tumbuk akar landep tersebut sampai halus. Setelah akar landep benar-benar halus, maka campurkan air jeruk nipis sampai benar-benar tercampur rata. setelah itu anda bisa mengoleskan ramuan tadi ke kulit yang bermasalah dan anda bisa menggunakan perban untuk mengikatnya, jangan lupa untuk mengganti perban setiap hari sebanyak 2x.

Selain manfaat diatas jeruk nipis juga dapat dijadikan alternatif buat anda yang menginginkan diet alami (pelangsingan tubuh). Cara kerjanya adalah membantu penggosongan di lambung, karena terkandung banyak serat makanan didalamnya. Dengan kandungan tersebut bisa merasa kenyang lebih lama dan menurunkan kadar kolesterol.

Caranya yaitu ambil 1 sampai 3 buah jeruk nipis, kemudian belah dua dan peras airnya. Selanjutnya tambahkan air putih 1 gelas (200 cc) yang hangat atau bisa juga dengan yang dingin namun dianjurkan untuk menggunakan air yang dingin karena kandungan vitamin C didalamnya akan lebih awet. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan kulit dan wajah anda. Tentunya anda bisa mengambil manfaat jeruk nipis dengan biaya yang sangat murah serta proses yang tidak lama.  Demikian artikel tentanag Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis.

Related For Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan