Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Friday, August 26th 2016. | Manfaat

Manfaat daun sukun untuk kesehatan – Sukun merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga moraceae, dengan nama latin artocarpus altilis. Tanaman sukun memiliki kemiripan dengan buah nangka dan durian. Ketika mendengar tanaman sukun atau pohon sukun, maka yang terlintas dalam benak adalah buahnya, yang kebanyakan oleh masyarakat Indonesia kemudian diolah menjadi camilan seperti keripik. Di masyarakat pedesaan berbeda lagi, mereka mengolah buah sukun dengan cara direbus yang biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa. Tidak ada salahnya anda mencoba, sukun rebus bersanding dengan kehangatan secangkir teh dapat menemani waktu santai anda. Pemanfaatan tanaman sukun tidak hanya melalui buahnya saja, mulai sekarang sebagian orang sudah mulai memanfaatkan daunnya untuk diolah menjadi obat yang berkhasiat tinggi. Banyak pakar yang masih meragukan khasiat dari daun sukun ini, namun masyarakat sendiri sering membuktikan dengan banyaknya penyakit yang dapat tersembuhkan. Manfaat daun sukun ini belum begitu banyak diketahui orang, oleh karena itu dalam artikel ini akan dijelaskan secara ringkas beberapa manfaat daun sukun untuk menjaga kesehatan anda.

Daun sukum mempunyai banyak kandungan, kandungan di dalam daun sukun yang dapat menunjang kesehatan anda terbebas dari gangguan penyakit seperti, kandungan zat asam hidrosianat, tanin, asetilcolin, riboflavin, dimana zat – zat ini dipercaya mampu mengatasi peradangan. LIPI pernah melakukan sebuah riset dengan mendatangkan peneliti dari cina, hasil atas riset tersebut mengungkapkan bahwa kandungan – kandungan yang ada di dalam daun sukun dapat membantu proses penyembuhan penyakit kardiovaskular. Masih banyak lagi manfaat dari daun sukun yang dapat anda temukan, lebih detailnya anda simak dibawah ini :

Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan ginjal, daun sukun dapat anda jadikan sebagai ramuan alternatif untuk memberikan nutrisi pada tubuh sehingga anda sehingga anda bebas dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit yang menyerang ginjal. Cara pembuatan ramuan alternatif yaitu dengan merebus daun sukun, kemudian air rebusan tersebut diminum secara rutin setiap hari.
  2. Mengobati sakit jantung, sebagaimana disinggung diatas, pernah dilakukan sebuah penelitian oleh Pusat Penelitian Kimia LIPI dimana dalam penelitian tersebut terdiri dari seorang ahli dari cina dan tentunya para ahli dari Indonesia sendiri, salah satunya Dr. Tjandrawati M. Ozef. Beliau melakukan uji khasiat dengan menggunakan media (in vitro) maupun dengan melibatkan sel hidup (in vivo) terhadap ekstrak daun sukun dan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kimia LIPI tersebut mengungkap bahwa ekstak daun sukun mengandung sitostero dan flavonoid yang sangat berkhasiat dan mampu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menyembuhkan penderita sakit jantung.
  3. Mengobati asam urat, caranya yaitu dengan mencampur beberapa genggam daun sukun yang sebelumnya telah dikeringkan kemudian diseduh dengan air mendidih. Air seduhan dari daun sukun memiliki rasa yang pahit, untuk menghilangkan rasa pahit tersebut anda dapat menambahkan gula batu atau madu ke dalamnya. Diminum secara rutin setiap hari agar anda dapat merasakan khasiatnya secara optimal.

Demikianlah manfaat daun sukun untuk kesehatan, semoga bias menjadi referensi buat anda pembaca.

Baca Juga:

Manfaat daun seledri Untuk Kesehatan
Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan
Inilah Manfaat Daun Buah Sirsak Untuk Kanker
Manfaat Daun Sirih Merah untuk Tubuh
7 Manfaat Daun Pepaya
Khasiat dan Manfaat Daun Kelor
Manfaat Daun Kemangi Bagi Kecantikan Dan Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Related For Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan