Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Friday, August 12th 2016. | Manfaat

Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih – Daun sirih memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, selain itu daun ini juga memiliki warna yang berbeda, diantanya: warna hijau, merah dan hitam. Yang populer di masyarakat saat ini yaitu yang berwarna merah dan hijau. Daun sirih hijau banyak di pedesaan sedangkan untuk daun sirih merah dimanfaatkan sebagian orang sebagai bahan obat tradisional dan sebagian lainnya menjadikannya sebagai tanaman hias,

Berikut beberapa manfaat daun sirih merah dan daun sirih hijau untuk kesehatan tubuh:

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih merah

Daun sirih ini memiliki kandungan baik untuk kesehatan tubuh karena selain bersifat antiseptik daun ini juga dapat mengobati beberapa penyakit. Berikut manfaat dari daun sirih merah untuk kesehatan tubuh:

  1. Mengatasi Keputihan

Khasiat daun sirih merah sebagai  antiseptik, mengurangi keputihan serta menjaga organ di kewanitaan. Caranya yaitu: rebus 7-10 lbr daun sirih, kemudian bilas organ kewanitaan dengan rebusan air daun sirih.

  1. Menghilangkan Bau Badan

Caranya yaitu rendam 2-3 lbr daun sirih menggunakan air panas dalam 1\2 gelas di tambah 1 sdt gula putih, diamkan sampai air tersebut asam kuku, kemudian ambil sirihnya dan minumlah air rebusannya.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Caranya yaitu: ambillah 1 lbr daunnya, cuci bersih dan kunyah –kunyah di mulut dan biarkan selama beberapa menit kemudian ludahkan, lakukan antara 2-3x sehari, atau dengan cara merebus daun sirih merah sebanyak 5-6 lbr dalam 2 gelas air dan rebus hingga mendidih dan setelah itu di saring dan dinginkan, gunakan untuk berkumur-kumur pagi dan sore hari.

Khasiat dan manfaat dari daun sirih hijau untuk kesehatan tubuh:

  1. Dapat mengobati gusi dan gigi bengkak, caranya yaitu: dengan mengunyah beberapa daun sirih, atau berkumur dengan hasil rebusan daun sirih dengan waktu tidak terlalu lama.
  2. Mampu mengobati penyakit keputihan, caranya: rebus secukupnya beberapa daun sirih kemudian air rebusan dibasuhkan dibagian
  3. Bisa mengobati sariawan, dengan cara mengunyah daun sirih secukupnya.
  4. Bisa menyembuhkan bau mulut apabila melakukan hal tersebut dengan rutin.
  5. Dipercaya bahwa daun ini mampu mengobati sakit demam berdarah, dengan cara: minum air rebusannya yang bisa mematikan kuman penyebabnya atau gunakan oleskan daun sirih ke seluruh bagian tubuh.
  6. Minum air rebusannya untuk memperlancar haid wanita bagi yang tidak teratur.
  7. Mengobati luka bakar. Caranya: rendam daun sirih dalam air panas sampai daunnya layu, setelah itu tempelkan daunnya tepat di luka bakar
  8. Mengobati mimisan, caranya: gulungkan daun sirih di hidung yang mimisan, yang akan membuat darah yang keluar akan berhenti.

Demikian artikel tentang Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih. Semoga bermanfaat, sekian terimakasih.

Related For Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan