Manfaat Daun Sirih Merah untuk Tubuh

Sunday, September 20th 2015. | Manfaat

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Tubuh – tanaman sirih ada berbagai jenis, salah satunya adalah sirih merah. Tumbuhan sirih merah ini di indonesia sering dijadikan sebagai tanaman hias, namun juga ada yang memanfaatkannya sebagai obat tradisional. Sirih merah memiliki nama latin Piper Crocatum, tanaman ini sudah dimanfaatkan oleh neenek moyang kita sejak ribuan tahun lalu. Bahkan tanaman sirih merah ini pada zaman kerajaan dulu, sudah sangat popular sebagai tanaman yang yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan terutama banyak digunakan oleh wanita. Tanaman sirih merah ini juga dikatakan sebagai tanaman herbal. Lalu  Apa saja manfaat daun sirih merah ini? Simak informasi berikut:

daun sirih merah

Manfaat Daun Sirih Merah

  1. Dapat mengatasi luka bakar, caranya ambil sejumput daun sirih merah cuci bersih. Kemudian peras airnya dan tambahkan sedikit madu, lalu tempelkan pada tempat yang terluka bakar.
  2. Dapat menghentikan mimisan, caranya ambil satu helai daun sirih merah yang masih muda lalu gulung, kemudian taruh di lubang hidung yang mimisan.
  3. Dapat mengatasi sakit maag, caranya ambil sejumlah daun sirih merah, kemudian cuci bersih, selanjutnya giling hingga halus dan lumurkan dengan sedikit air panas pada perut, gunakan dua kali dalam sehari
  4. Mengatasi gatal-gatal, caranya ambil 20 kelai daun sirih merah, rebus dengan air hingga mendidih, setelah itu gunakan untuk mandi ketika masih hangat
  5. Menghilangkan mata merah, caranya ambil 5 sampai 6 helai daun sirih yang masih muda, rebus dengan air, setelah mendidih angkat, tunggu sampai airnya dingin, setelah dingin basuhkan ke mata yang merah atau sakit, dalam sehari lakukan sebanyak 3 kali.
  6. Dapat mencegah gusi berdarah, caranya ambil 4 helai daun sirih merah, rebus dengan dua gelas air. Dinginkan rebusan tadi dan gunakan untuk berkumur.
  7. Mencegah sariawan, caranya ambil 1 -2 daun sirih merah cuci bersih, kemudian kunyah sampai hancur lalu buang bila sudah terasa cukup.
  8. Untuk mengobati batuk, caranya siapkan 15 daun sirih merah, cuci bersih, kemudian rebus dengan tiga gelas air sisakan sampai seperempatnya. Lalu minum dengan tambahan madu
  9. Mengobati bronkitis, rebus 7 helai daun sirih merah dengan gula dalam 2 gelas air, sisakan satu gelas air, kemudian minum, setiap hari sebanyak 3 gelas.
  10. Dapat mengurangi bau badan, caranya masak lima helai daun sirih merah dalam 2 gelas air, sisakan menjadi 1 gelas kemudian minum pada siang hari.
  11. Mengurangi jerawat, caranya siapkan 7 -10 daun sirih merah, haluskan, kemudian seduh dengan 2 gelas air panas. Kemudian gunakan airnya untuk membasuh wajah, agar hasil yang didapatkan maksimal, lakukan 2 – 4 kali setiap hari.

Demikian artikel mengenai Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Tubuh.

Related For Manfaat Daun Sirih Merah untuk Tubuh