Khasiat dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Thursday, September 1st 2016. | Manfaat

Manfaat Daun Salam – Daun salam adalah salah satu  jenis rempah-rempah yang berasal dari pohon salam (Syzygium polyanthum). Seiring berjalannya waktu selain digunakan sebagai penyedap, daun salam juga bisa dimanfaatkan bagi kesehatan.

Daun salam memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh yaitu: zat besi, vitamin C, kalsium, vitamin B6-B9 dan vitamin A. Selain vitamin dan mineral didalamnya juga mengandung beberapa antioksidan  dan senyawa kimia, seperti: lomonene, neral, catechin dan pinene yang bermanfaat untuk menghambat tumbuhnya sel abnormal pada tubuh seseorang seperti kanker.

Berikut beberapa manfaatkan daun salam:

Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam

 

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan bahwa daun salam mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal berbagai penyakit. Daun salam dapat digunakan sebagai pelengkap masakan, daun salam juga dapat diolah menjadi teh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara membuat teh dari daun salam:

Diet sehat dapat diraih melalui berbagai cara, salah satunya yaitu dengan membuat teh. Kandungan senyawa kimia, enzim, dan seratnya ternyata dapat berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan manusia.

Cara pembuatannya yang pertama: siapkan kurang lebih 30 lbr daun salam, kedua: bersihkan dengan air bersih, ketiga: rebuslah dalam air putih kurang lebih 4 gelas, keempat: tunggu sampai mendidih hingga tersisa setengahnya, terakhir : dinginkan dan teh siap untuk diminum.

Untuk menambah rasa manis, silahkan menambahkan madu kedalamnya. Disarankan diminum sebelum tidur secara rutin.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Daun salam ini dapat dijadikan alternatif herbal alami dengan mengambil manfaat kandungan zat tannin dan flavonoida cukup tinggi yang dapat mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Cara penggunaannya yaitu dengan mengolahnya menjadi teh. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan kurang lebih 10 lbr daun salam (boleh kering atau basah), rebus dalam air putih 3 gelas, tunggulah hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas saja, selanjutnya dinginkan dan teh siap diminum. minum dengan rutin 1x sehari.

  1. Mengobati Penyakit Kulit

Daun salam memiliki kandungan yang berfungsi berfungsi sebagai obat luar mengatasi masalah kulit seperti gatal-gatal dan juga alergi. Cara membuatnya: siapkan beberapa daun, ujung akar pohon salam dan kulit kayu, bersihkan bahan-bahan tersebut, tumbuk semua bahan hingga halus, campurkan sedikit air dan hasilnya oleskan pada kulit yang bermasalah.

  1. Mengobati Batuk

Cara membuatnya: siapkan sekitar 7 lembar daun salam kering,  3 sdt madu, dan sebuah lemon atau jeruk nipis, kemudian bersihkan dan rebus daun salam dalam 2 gelas air, tunggu sampai air mendidih hingga tersisa setengahnya, terakhir dinginkan dan campurkan madu  dengan perasan air lemon/ jeruk nipis. Minum secara rutin, sampai batuknya sembuh.

Demikian artikel tentang Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua yang mengharapkan hidup sehat, sekian terimakasih.

Baca Juga Artikel lainnya yang manfaatnya terkait dengan kesehatan tubuh kita:

  1. Manfaat Daun Sirsak
  2. Manfaat Daun Seledri
  3. Manfaat Daun Sirih
  4. Manfaat Daun Sukun

Related For Khasiat dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan