7 Manfaat Daun Pepaya Untuk Obat Tradisional

Monday, July 27th 2015. | Manfaat

Manfaat Daun Pepaya – pepaya yang memiliki nama latin Carica yang masuk dalam keluarga Caricaceae, berasal dari Mexico. Tanaman ini memiliki buah yang langsung bisa dimakan jika sudah masak, dan memiliki rasa yang manis. Pepaya yang masih muda dapat dijadikan bahan makanan untuk sayur. Begitu juga dengan daunnya, biasanya dijadikan untuk lalapan yang ditemani dengan sambal. Manfaat daun pepaya ini banyak sekali bukan hanya untuk lalapan saja namun bisa dijadikan obat tradisional yang bisa mengobati berbagai penyakit.

Daun pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi, diantaranya: Vitamin B1 0,15 mg, Kalori 79 kal, Vitamin C 140 mg, Hidrat Arang 11,9 gram, Lemak 2 gram, Protein 8,0 gram, Fosfor 63 mg, Kalsium 353 mg, Air 75,4 gram, Besi 0,8 mg. Selain itu juga terdapat kandungan carposide pada daun pepayayang bermanfaat untuk  obat cacing.

Berikut manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh:

gambar daun pepaya

Manfaat Daun Pepaya

 

  1. Mengobati demam berdarah, caranya ambil 5 lembat daun pepaya, rebus dengan 3 gelas air dan sisakan hingga 1 gelas air. Minum Air rebusan tadi sekaligus, dan jangan berlebihan mengkonsumsinya, kecuali jika memang sudah dalam tahap mengkhawatirkan.
  2. Dapat meningkatkan nafsu makan, caranya campur daun pepaya yang segar dengan ukuran telapak tangan, air hangat setengah gelas, dan garam. Blender  semua bahan tersebut, lalu saring airnya kemudian minum. Ramuan ini baik untuk anak- anak dan aman.
  3. Dapat mengobati nyeri haid, caranya ambil 1 lembar daun pepaya, garam, dan asam jawa, rebus dalam air hingga matang. Ramuan ini cukup efektif untuk mengatasi nyeri ketika haid. Minum selagi hangat lebih baik.
  4. Melancarkan pencernaan, karpain yang ada dalam daun pepaya sangat baik untuk pencernaan, karena dapat membantu membunuh micro organisme yang mengganggu pencernaan. Caranya, konsumsi daun pepaya  dengan nasi dan jadikan sebagai lalapan.
  5. Dapat dijadikan masker anti jerawat, daun pepaya bermanfaat untuk kecantikan terutama dalam menghilangkan jerawat. Caranya , keringkan daun pepaya, kemudian lumatkan dan campur dengan air, lalu usapkan ke wajah sebagai masker.
  6. Mengobati sakit perut pada balita, caranya ambil dua lembar daun pepaya, kapur sirih, dan 3 tangkai daun dadap serep. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan untuk bedak dan oleskan pada perut yang sakit.
  7. Kekurangan nutrisi pada balita, Caranya siapkan 1 lembar daun pepaya yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan 1,5 gelas air hingga mendidih. Kemudian saring airnya, minumkan pada balita setiap hari dua sendok.

Selain beberapa manfaat daun pepaya di atas, daun pepaya juga bisa digunakan untuk melunakkan daging ketika anda memasak. Caranya rebus daging dengan daun pepaya secukupnya.

Demikian artikel mengenai Manfaat Daun Pepaya.

Related For 7 Manfaat Daun Pepaya Untuk Obat Tradisional