Manfaat Daun Kemangi Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Saturday, November 15th 2014. | Manfaat

Manfaat Daun Kemangi – Daun  kemangi merupakan tanaman yang sangat berguna dan memiliki khasit yang luar biasa. terbukti tidak hanya di Indonesia saja yang membudidayakan daun kemangi. Beberapa negara tetangga seperti Thailand, Italia dan sebagian wilayah Eropa serta wilayah Afrika. Bahkan di India kemangi dijadikan sebagai minuman teh.

Daun kemangi memiliki banyak kandungan yang berguna untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, betakaroten, magnesium, fosfor, protein, karbohidrat, zat besi, arginin, boron, lemak, kalsium, flavonoid dan anetol.

Daun kemangi sudah biasa digunakan untuk mencegah timbulnya bau mulut . namun tidak hanya sebatas itu manfaat daun kemangi . beberapa manfaat daun kemangi antara lain:

Manfaat Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi

  1. Menigkatkan kekebalan tubuh. pada kemangi terdapat kandungan vitamin C yang sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. daun kemangi juga memiliki kandungan betakaroten yang berfungsi untuk pembentukan antibodi, memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga berguna untuk kesehatan mata.
  2. Dapat terhindar dari kemandulan. Zat arginin pada kemangi dapat mencegah lemahnya sperma sehingga dapat terhindar dari kemandulan. Zat eugenol dan apigenin fenkhona pada kemangi juga dapat meningkatkan ereksi penis dan dapat mencegah terjadinya ejakulasi dini yang tidak diinginkan.
  3. Dapat dijadikan obat penyakit panu. Pengobatannya dapat dilakukan dengan menghaluskan daun kemangi, dicampur sedikit kapur sirih dan dioleskan pada bagian kulit yang tekena panu
  4. Dapat mengobati sariawan. Pengobatannya dapat dilakukan dengan mengunyah dan memakannya dan lakukan secara rutin setiap hari 3 kali sehari.
  5. Membantu penguatan tulang. Daun kemangi memiliki kandungan kalium dan fosfor yang sangat berguna untuk pembentukan dan perkembangan tulang sehingga dapat terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang
  6. Dapat melancarkan aliran darah. Kandungan magnesium pada daun kemangi dapat membantu jantung dan pembuluh darah tidak tertekan sehingga aliran darah akan lancar
  7. Zat antioksidan pada daun kemangi dapat menangkal radikal bebas.
  8. Membantu proses maturasi atau pematangan sel telur. Kandungan stigmaasterol pada kemangi berguna sebagai perangsang pematangan sel telur

Selain manfaat di atas masih terdapat beberapa manfaat lain dari daun kemangi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh oleh Center for News Crops and Plant Product, Purdue University, Amerika Serikat, kemangi juga bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit diare, flu,sakit kepala, cacingan dan juga penyakit ginjal. Daun kemangi juga bisa digunakan untuk mengobati maag, perut kembung, masuk angin d an badan lesu. Dan biji kemangi juga dapat digunakan untuk bahan minuman.

Begitu banyak khasiat daun kemangi yang bisa didapatkan. Tanaman ini biasa ditanam dipekarangan rumah atau di ladang dan tidak memerlukan lahan luas untuk menanam kemangi. sehingga anda bisa mencoba menanamnya sebagai bahan obat atau sebagai lalapan pada saat makan.

Related For Manfaat Daun Kemangi Bagi Kecantikan Dan Kesehatan