Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Sebagai Tanaman Obat

Tuesday, June 16th 2015. | Manfaat

Manfaat Daun Kelor – kita sering mendengar peribahasa dunia tak selebar daun kelor. Daun kelor memang memiliki ukuran yang kecil, namun faktanya, banyak manfaat yang kita bisa peroleh dengan daunnya yang kecil. Daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa besarnya. Ada beberapa penelitian, yang mengungkapkan bahwa kandungan vitamin yang ada dalam daun kelor 7 kali lebih banyak dari pada buah jeruk, dan empat kali lebih banyak dari wortel. Potassium yang ada didalamnya tiga kali lebih banyak dari buah pisang, serta kandungan kalsiumnya sama dengan empat gelas susu. Gimana dengan informasi ini? Luar biasa bukan?

Daun kelor ini baru dikonsumsi Di Indonesia bagian timur seperti Nusa Tenggara Barat. Di bawah ini kandungan nutrisi luar biasa yang ada dalam daun kelor:

Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor

 

  1. Protein pada 100 gram daun kelor sama dengan zat gizi protein satu butir telur
  2. Vitamin C yang ada dalam daun kelor lebih banyak 7 kali dibandingkan vitamin C dalam buah jeruk
  3. Vitamin A empat kali lebih banyak daripada vitamin A pada wortel
  4. Kalsiumnya sama dengan kalsium empat gelas susu
  5. Potassium yang ada dalam daun kelor sama dengan potassium dalam 3 buah pisang
  6. Tepung daun kelor mengandung protein yang lebih banyak dibandingkan daun kelor yang masih segar yakni sekitar 20 hingga 26 gram per 100 gramnya.

Begitu luar biasanya nutrisi yang ada dalam daun kelor, lalu manfaatnya apa saja? simak penjelasan berikut:

Untuk obat rabun ayam, caranya tumbuk halus 3 gagang daun kelor, seduh dengan satu gelas air yang matang kemudian saring, campurkan dengan madu, aduk hingga rata. Minum sekali sebelum tidur.

Untuk mengobati sakit kuning, caranya ambil 3 – 7 gagang daun kelor tumbuk halus, tambahkan segelas air kelapa hijau, kemudian saring dan tambahkan 1 sendok madu aduk sampai rata, minum dan lakukan rutin hingga sembuh.

Untuk obat cacing, caranya ambil 3 gagang daun kelor, 1 atau 2 batang meniran, dan 1 gagang daun cabai, rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan sisakan 1 gelas. Kemudian saring airnya, dan minum setiap hari.

Untuk obat sakit mata, caranya tumbuk 3 gagang daun kelor sampai halus, tambahkan 1 gelas air aduk hingga merata. Lalu diamkan sebentar hingga ampasnya mengendap. Gunakan airnya untuk obat tetes mata.

Untuk mengobati susah buang air kecil, caranya ambil satu sendok sari daun kelor dan sari buah wortel atau ketimun yang sudah diparut bersama-sama. Campurkan bahan-bahan tersebut, tambahkan segelas air, saring dan minum setiap hari. Demikian sedikit  penjelasan mengenai Manfaat Daun Kelor yang https://salapan.com bisa bagikan kepada teman-teman dirumah.

Related For Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Sebagai Tanaman Obat