Khasiat dan Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Friday, November 14th 2014. | Manfaat

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan – Binahong merupakan tanaman merambat yang biasa ditanam dipagar rumah atau di pot bunga. Sekilas anda pasti berpendapat bahwa binahong adalah bahasa China atau tumbuhan ini berasal dari China. Namun Binahong adalah sebutan dalam Bahasa Indonesia. Nama binahong dalam bahasa Inggris disebut Heartleaf maderavine madevine, sedangkan dalam bahasa China binahong disebut Deng san chi. Tumbuhan yang memiliki nama latin Bassela rubra linn masih dalam kelompok Basellaceae.

Tumbuhan yang merambat ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. kandungan pada binahong diantaranya total fenol, asam arkobat, antioksidan, dan protein tinggi yang berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Keseluruhan pada tanaman binahong dapat dijadikan sebagai obat baik daun, batang maupun umbinya. Manfaat daun binahong antara lain adalah:

manfaat daun binahong

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong

  1. Untuk mengobati luka lecet atau berdarah. Ini dapat dilakukan dengan meremas daun binahong hingga halus, lalu ditempelkan pada bagian yang luka tersebut secara merata.
  2. Binahong dapat dijadikan obat untuk menghilangkan jerawat. Ini dapat dilakukan dengan menghaluskan daun binahong dan dioleskan pada jerawat atau wajah secara keseluruhan. Daun binahong juga bisa direbus dengan 2 gelas air dan dijadikan sebagai minuman rutin setiap hari
  3. Dapat dijadikan sebagai obat luar. Berbagai macam penyakit atau luka dapat diobati dengan daun binahong baik itu luka memar, luka bakar, rheumatik, nyeri otot, pegal linu dan juga bisa dijadikan obat untuk mendapatkan kulit yang halus
  4. Umbi binahong juga dapat dijadikan sebagai obat untuk bekas luka pasca operasi, typus, maag, untuk kesegaran badan, disentri, asam urat, sakit pinggang dan mencegah stroke.
  5. Rebusan daun binahong juga dapat digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit seperti batuk, muntah darah, paru-paru, kencing manis, sesak nafas, borok akut, patah tulang, darah rendah, radang ginjal, gatal-gatal, gegar otak, disentri, ambeien, hidung mimisan, habis operasi, luka bakar,luka karena kecelakaan, menghilangkan jerawat, usus bengkak, gusi berdarah, kurang nafsu makan, kelancaran haid, habis melahirkan,menjaga stamina tubuh, penghangatn badan, dan untuk mengobati lemah syahwat, dan masih banyak lagi. Ini dilakukan dengan merebus beberapa lembar dan binahong dengan air, kemudian dijadikan minuman rutin setiap hari 2 kali sehari.

Dahulu di daerah daun binahong dijual dengan harga per lembar yang mencapai Rp. 5.000,- sehingga tergolong sangat mahal. Namun seiring perkembangan dan banyaknya orang yang menanam, daun bihanong sangat mudah didapatkan bahkan minta beberapa lembar tidak jadi masalah. Begitu banyak manfaat daun binahong untuk kesehatan dan pengobatan dari berbagai macam penyakit. Untuk itu memiliki tanaman ini akan menjadi suatu alternatif alami yang super ampuh bagi pertolongan pertama pada berbagai macam penyakit. Dan juga menanam binahong tidak memerlukan tempat yang luas karena dalam pot sebagai hiasan di halaman rumah juga menjadi alternatif, agar bisa merasakan manfaat daun binahong ini dalam kehidupan sehari-hari.

Related For Khasiat dan Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan