Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Tuesday, August 23rd 2016. | Manfaat

Manfaat Buah Sirsak – Sirsak adalah buah yang berasal dari Amerika Latin (Peru, Meksiko dan Argentina), sedangkan buah sirsak di Indonesia dikenalkan oleh Belanda sehingga nama sirsak aslinya yaitu ZuurZak atau lebih kita kenal dengan sebutan Nongko Londo. Sirsak yang memiliki nama latin Anona Muricata Linn merupakan kerabat dekat dengan buah Srikaya (Anona Squamosa Linn).

Buah sirsak sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Buah sirsak yang terdiri dari 67,5 % daging buah yang berwarna putih lembut, 20% kulit buah, 8,5 % biji buah dan 4% inti buah memiliki kandungan karbohidrat yang banyak. Jenis kandungan karbohidrat dalam buah sirsak yaitu glukosa dan fruktosa dengan persentase 91,9-93,6% dari keseluruhan kandungan zat gula.

Selain karbohidrat buah sirsak juga memiliki kandungan vitamin C dengan komposisi alami 20 mg / 100 gram. Sedangkan mineral yang paling banyak pada buah sirsak adalah fosfor sebesar 27 mg/ 100 gram dan kalsium sebesar 14 mg/ 100 gram. Fosfor dan kalsium sangat penting untuk membentuk tulang dna mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kadar sodium (natrium) dalam buah sirsak juga sangat rendah yaitu 14mg / 100gram, sedangkan potasium (kalium) yang tinggi yaitu 278 mg/100gram. Kalium yang tinggi dapat mencegah penyakit hipertensi.

Dengan kandungan yang begitu banyak pada buah sirsak, kita dapat menemukan banyak manfaat buah sirsak bagi kesehatan. Buah sirsak dapat digunakan sebagai pencegah dan pengobatan dari berbagai macam penyakit dalam. Adapun manfaat buah sirsak yang lain adalah sebagai berikut:

manfaat buah sirsak

Manfaat Buah Sirsak

 

1. Buah sirsak dapat digunakan sebagai pencegah kanker. Sirsak memiliki kandungan fitokimia yaitu annonaceous acetogenins yang terletak pada seluruh bagian sirsak seperti batang, daun dan buah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, usus besar, paru-paru dan jenis kanker lainnya.

2. Buah sirsak dapat digunakan untuk melancarkan buang air kecil. Buah sirsak juga dapat digunakan untuk mengatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dengan urin dan penyakit hati.

3. Dapat meningkatkan energi. Buah sirsak mengandung thiamin yang sangat berguna untuk menyuplai kebutuhan energi dalam tubuh.

4. Pada buah sirsak terdapat kandungan vitamin B2 atau Riboflavin yang dapat digunakan untuk mengobati migrain.

5. Buah sirsak juga dapat digunakan sebagai pencegah anemia karena kandungan zat besi didalamnya.

6. Biji buah sirsak juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengurangi rasa mual dan muntah karena pada buah sirsak terdapat zat emesis.

Begitu banyak manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit yang membahayakan dan juga untuk sebagai bahan energi tubuh yang sanat diperlukan untuk beraktifitas sehari-hari. Dan juga tidak sulit untuk menemukan buah sirsak atau nongko londo ini dalam kehidupan kita. Jika tidak memiliki tanaman sendiri, buah sirsak juga banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Jadi rugi jika tidak mencobanya karena banyaknya manfaat buah sirsak ini.

Selain sirsak memiliki buah yang sangat enak untuk di konsumsi dan memiliki berbagai khasiat dalam menyehatkan tubuh, Ternyata daun dari buah sirsak sangat mantap dalam mengatasi penyakit kanker, silahkan baca artikelnya disini yang membahas tentang manfaat daun sirsak untuk kanker.

Related For Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan