Manfaat Buah Nanas

Wednesday, November 18th 2015. | Manfaat

Manfaat buah nanasBuah nanas atau nenas atau ananas merupakan jenis tanaman tropis yang berasal dari daerah amerika selatan seperti Bolivia, Brazil dan Paraguay. Tanaman ini termasuk dalam golongan famili bromeliaceace. bentuk tumbuhannya rendah, herba memiliki 30 atau lebih daun yang panjang dan berujung tajam. Daun nanas tersusun dalam bentuk roset yang mengelilingi batang buahnya yang tebal. Buah nanas sendiri dalam bahasa inggris disebut pineapple dengan alasan pohon nanas bentuknya mirip dengan pohon pinus.

Buah nanas sendiri banyak mengandung vitamin A dan vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan. Selain itu buah nanas di dalamnya terkandung fosfor, besi, kalsium, magnesium, natrium, kalium, sukrosa, dekstrosa, dan enzim bromelain. Enzim bromelain itu sendiri memiliki manfaat sebagai antiradang, yaitu berfungsi membantu lambung untuk melunakkan makanan, serta mencegah berkembangnya sel kanker. Selain itu nanas merupakan salah satu buah yang kaya akan serat, maka seratnya juag dapat membantu tubuh kita untuk memperlancar buang air besar.

Berikut adalah manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita:

manfaat buah nanas

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

  1. Memperlancar proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Sebagaimana buah pada umumnya nanas juga kaya akan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan makanan di tubuh kita. Dengan sistem pencernaan yang lancar maka akan memberi dampak yang positif bagi kelancaran organ tubuh yang lainnya.
  2. Buah nanas juga membantu dalam proses penyembuhan tubuh yang terluka atau bagian tubuh yang sakit. Hal ini disebabkan buah nanas mengandung enzim bromelain, di mana senyawa ini memiliki fungsi membantu penyembuhan luka dan mengurangi bengkak bagian tubuh atau radang pada tubuh.
  3. Buah nanas juga memiliki fungsi sebagai detox alami bagi tubuh. Manfaat buah nanas yang satu ini juga terkait dengan kandungan buah nanas berupa enzim bromelain. Zat ini dapat berfungsi sebagai penyeimbang kadar asam dalam darah dan membersihkan tubuh dari racun-racun yang masuk bersamaan dengan makanan atau yang disebabkan polusi.
  4. Manfaat buah nanas yang lain adalah melancarkan metabolisme tubuh. Ini karena buah nanas mengandung aspartic acid yang banyak. Aspartic acid itu sendiri merupakan tergolong asam amino yang memiliki peran sebagai pelancar metabolism dalam tubuh. Asam aspartic ini sendiri juga memiliki fungsi sebagai zat yang membuang asam ammonia, yaitu racun yang cukup berbahaya bagi system syaraf pusat manusia.
  5. Buah nanas juga memiliki khasiat memperkuat daya tahan tubuh. Apabila kita mengkonsumsi buah nanas secara berkala, maka daya tahan tubuh kita akan meningkat sebab buah nanas banyak mengandung asam amino esensial dan non-esesnsial yang memiliki fungsi menambah kekebalan tubuh, menyembuhkan kelelahan dan lesu serta menambah stamina dengan menghasilkan banyak energi.
  6. Buah nanas juga bisa menanggulangi stress. Ini sangat berguna bagi anda yang mudah merasa tertekan, sebab berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli bahwa nanas memiliki kandungan zat serotonin. Di mana zat ini dapat mencegah kanker dan menciptakan perasaan bahagia di dalam diri manusia.

Demikian uraian singkat tentang manfaat buah nanas.

Related For Manfaat Buah Nanas