Manfaat Buah Mengkudu

Monday, August 8th 2016. | Manfaat

Manfaat Buah MengkuduBuah mengkudu yang memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk famili Rubiaceae ini menyimpan seribu manfaat bagi tubuh. Mengkudu ini memiliki banyak julukan di setiap daerah seperti Pace, Kemudu (Jawa), Cangkudu daerah (Sunda), dan masih banyak lagi sebutan buah ini. Buah mengkudu yang sudah masak biasanya digunakan untuk pengobatan sedangkan yang masih muda digunakan sebagai campuran dalam masakan rujak.

Meskipun bau dari buah ini cukup tidak sedap, tapi buah mengkudu yang sudah masak di pohon mempunyai banyak fungsi untuk pengobatan. Hal ini dikarenakan buah mengkudu mempunyai bebrapa kandungan zat didalamnya, yaitu morinda diol, damnacanthal, metil asetil, asam kapril, morindone, morindin, dan sorandiyiol.

Berikut ini ada bebrapa manfaat buah mengkudu sebagai pengaobatan tradional untuk kesehatan:

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Atau Hipeertensi

Buah ini mampu menyembuhkan tekanan darah tinggi yaitu dengan cara, siapkan 2 buah Mengkudu yang sudah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Ambil sari dari buah itu, lalu campurkan dengan madu. Minumanlah ramuan ini 2 hari sekali.

2. Menyembuhkan Sakit Batuk

Buah mengkudu juga mampu mengobati batuk. Caranya yaitu 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Rebuslah kedua bahan tersebut dnegan 2 gelas air hingga airnya menajdi segelas. Setelah itu saring dan siap untuk di minum, dan minumlah ramuan ini 2 kali sehari pagi dan sore.

3. Obat Sakit Perut

Khasiat mengkudu juga sebagai obat sakit perut. Jika Anda mengalami sakit perut, maka siapka 2 atau 3 lembar daun mengkudu. Lalu bersihkan dan tumbuk halus dan seduh dengan air panas, setelah dingin minumlah airnya.

4. Mengobati Sakit Kuning

Untuk mengobati sakit kuning, siapkan 2 buah Mengkudu yang sudah masak dan 1 sendok gula atau madu. Caranya yaitu ambil sari buah mengkudu, kemudian campur sari mengkudu dengan madu atau gula. Minumlah 2 hari sekali.

5. Demam, Masuk angin dan influenza

Buah mengkudu juga dapat menyembukan demam. Bahan yang digunakan untuk membuat ramuan ini ialah 1 rimpang kencur dan  1 buah mengkudu. Kemudian rebus kedua bahan tersebut menggunakan 2 gelas air hingga menjadi segelas air. Setelah itu dinginkan dan minum 2 kali sehari.

6. Mengatasi kulit kusam atau bersisik

Buah mengkudu juga berkhasiat dalam bidang kecantikan, buah ini mampu melembabkan kuliat kusam. Caranya ialah bagian kulit yang kusam oleskan buah mengkudu hingga merata, lalu diamkan kurang lebih  menit. Setelah itu bersihkan menggunakan handuk dengan dibasahi air hangat. Dengan cara seperti ini jka anda ruti melakukannya dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat.

Itulah berbagai macam manfaat buah mengkudu bagi kesehatan, tidak hanya sebagai pengobatan penyakit nyatanya mengkudu juga bisa membuat kulit yan kusam menjadi lebih sehat. Sebaiknya anda yang mempunyai keluhan tentang kesehatan, utamakan mengobatinya dengan cara yang alami terlebih dahulu seperti Manfaat Mengkudu diatas.

Related For Manfaat Buah Mengkudu