Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Friday, November 14th 2014. | Manfaat

Manfaat Buah Manggis. Buah manggis atau Queen fruit ini memiliki nama latin Garcinia Mangostana yang masih termasuk keluarga Clusiaceae. Buah manggis memiliki terkstur daging buah yang putih lembut dan kulit berwarna merah hati. Kecantikan buah ini ditandai dengan mahkota pada buahnya sehingga dijuluki sebagai ratu buah (Queen Fruit). Buah manggis memiliki cita rasa yang manis dan menggoda sehingga siapa yang makan buah manggis pasti akan ketagihan bagi yang memiliki selera tinggi. Buah juga memiliki kadar air yang tinggi.

Namun siapa sangka bahwa pada buah cantik dan manis ini terdapat beberapa kandungan senyawa dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi  tubuh. selain rasanya yang manis dan enak ternyata buah manggis mengandung beberapa unsur yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin B1, B2, C, sodium, potassium, kalsium dan zat besi.

Berikut beberapa manfaat buah manggis antar lain:

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis

1. Untuk mencegah dan mengobati kanker. Pada buah manggis terdapat senyawa xanthone yaitu senyawa polifenol yang aktif dan mirip bioflavanoids. Xanthone bermanfaat untuk penghambat dan penghancur sel-sel kanker pada kanker hati, usus besar dan kanker lainnya dan xanthone juga berfungsi memperlambat pertumbuhan sel-sel leukimia. Terlebih pada bagian kulitnya. Kinerja xanthone sebagai anti kanker adalah seperti kemoterapi, namun perbedaan xanthone dan kemoterapi adalah pada perusakan sel tubuh yang lainnya. Xanthone pada buah manggis bersifat menjaga, meskipun menghancurkan sel kanker tetapi tidak merusak sel tubuh yang lain. Sedangkan pada kemoterapi yang dapat merusak sel tubuh yang lain.

2. Buah manggis dapat menangkal radikal bebsan dan menambah kekebalan tubuh. Pada kehidupan sehari-hari tubuh sangat rentan terhadap serangan radikal bebas. Namun buah manggis dapat memberikan alternatif solusi untuk menangkal radikal bebas tersebut karena buah manggis memiliki kandungan Catethins yang berfungsi melebihi Vitamin C dan Vitamin E yang dapat menangkal tubuh dari radikal bebas. Selain itu buah manggis juga memberikan antioksidan yang melimpah.

3. Buah manggis berfungsi sebagai pencegah batu ginjal. Setiap orang memiliki potensi batu ginjal, namun dengan  mengkonsumsi buah manggis secara rutin miniman 3 ons atau satu buah tiap hariya, akan terhindar dari penyakit batu ginjal yang menyakitkan itu.

4. Buah manggis dapat menurunkan berat badan. Kandungan xanthone pada buah manggis selain dapat berfungsi sebagai anti kanker, mencegah penyakit jantung dan diabetes, xanthone juga bermanfaat untuk mengembalikan sel-sel membaran yang membesar seiring membesarnya tubuh.

Begitu banyak manfaat buah manggis yang didapatkan jika mengkonsumsi buah manggis secara rutin. Bahkan buah manggis menjadi buah favorite masyarakat Filipina. Untuk itu bagi yang memiliki kegemaran mengkonsumsi buah manggis, dapat terhindar dari berbagai macam pernyakit membahayakan yang tentunya tidak diinginkan. Karena manfaat buah manggis adalah untuk menjadikan diri sehat dan bebas dari penyakit selain memberikan rasa enak, manis dan segar.

Selain itu masih banyak dari bagian buah manggis yang memiliki banyak khasiat dan manfaat terutama kulitnya, untuk mengetahui manfaat kulit buah manggis anda bisa baca di artikel yang sebelumnya sudah saya tuliskan untuk anda.

Related For Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan