Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Monday, September 21st 2015. | Manfaat

Manfaat Brokoli – brokoli merupakan sayuran berdaun hijau tua berasal dari jenis Brassica. Sayuran brokoli ini berasal dari Italia, dan berasal dari kata broccolo Italia yang artinya cabang. Tanaman brokoli ini  pertama kali dibudidayakanpada abad ke 17 dan ke 18. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang paling terkenal di seluruh dunia yang dimanfaatkan untuk masakan dan hidangan.

Sayuran yang beerwarna hijau tua ini dapat dimakan mentah ataupun  dimasak, namun cara terbaik mengkonsumsinya adalah dijadikan sebagai salad, sebab nutrisi yang ada didalamnya dapat terjaga. Tanaman dari Italia ini dianggap sebagai salah satu makanan yang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Kandungan nilai gizi dari brokoli sebagai pembangkit tenaga karbohidrat,  zat besi, protein, kalsium, kromium, vitamin C dan vitamin A. Kandungan yang lain ialah phytochemical yang sangat penting dan antioksidan, yang dapat melawan berbagai penyakit dan infeksi. Berikut manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh:

manfaat brokoli bagi kesehatan

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Sifat anti kanker. Dengan mengkonsumsi lebih banyak brokoli dan sayuran hijau yang mengandung phytochemical yang bersifat anti kanker. Penelitian menunjukkan dengan mengkonsumsi brokoli dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita, kanker usus besar dan kanker paru paru.
  2. Sifat anti penuaan. Brokoli dapat membantu membalikkan efek dari proses penuaan.
  3. Membantu pencernaan, sebab brokoli memiliki kaya serat sehingga membantu dalam proses pencernaan dan mencegah sembelit.
  4. Bertindak sebagai detoxifier. Brokoli memiliki kandungan vitamin C, dan asam amino sulfur, kandungan tersebut membantu menghilangkan racun dan menghilangkan radikal bebas, semisal asam urat.
  5. Dapat mengontrol diabetes. Kromium yang terdapat dalam brokoli dapat membantu mengatur insulin dan dapat mengontrol diabetes.
  6. Dapat meningkatkan sistem kimun tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalamnya sebagai nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan atau imun dalam tubuh.
  7. Dapat Menjaga penglihatan yang sehat. beta-karoten dalam brokoli dapat mencegah katarak, dan melindungi mata terhadap degenerasi makula.
  8. Melindungi terhadap radiasi UV. Senyawa sulforaphane dalam brokoli  dapat mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh radiasi UV.
  9. Dapat Memperkuat tulang dan Mencegah osteoporosis. Brokoli memiliki kandungan yang kaya magnesium, seng, fosfor, dan kalsium, yang dapat membantu dalam menjaga kekuatan tulang, agar tulang tetap kuat.
  10. Dapat Mencegah anemia, Zat besi dan asam folat yang ada dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia kekurangan zat besi.
  11. Mempertahankan kehamilan yang sehat. Brokoli merupakan sumber folat yang dapat mencegah cacat saraf pada janin seperti spina bifida. Semua wanita hamil membutuhkan sumber folat selama masa kehamilan.
  12. Dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Brokoli kaya akan serat, potassium dan kromium, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengontrol tekanan darah.

Demikian artikel kali ini tentang Manfaat Brokoli.

Related For Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh