7 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Sunday, November 16th 2014. | Manfaat

Manfaat Beras Merah – Beras adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia karena mengandung karbohidrat tinggi dan memebrikan efek kenyang bagi konsumennya. Beras putih memiliki kandungan karbohidrat kompleks, vitamin B, asam Amino dan serat.

Jenis beras yang lain adalah beras merah. Beras merah merupakan kerabat dekat beras putih karena masih satu varietas. Beras merah memiliki warna merah kecoklatan sehingga tampak gelap seperti ketan hitam. Hanya saja beras merah jarang dibudidayakan sehingga harganya lebih mahal daripada beras putih. Kecilnya minat masyarakat pada beras merah dikarenakan waktu yang dibutuhkan untuk memasak beras merah lebih lama bila dibanding dengan beras putih. Hal ini disebabkan oeh ebras merah memiliki tekstur beras yang lebih keras.

Beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih unggul daripada beras putih. Perbedaan tersebut terletak pada beras merah memeiliki kandungan antosianin yang bermanfaat sebagai antioksidan, anti glisemik tinggi, membunuh sel kanker, mengobati diabetes dan hipertensi.

Berikut manfaat beras merah:

Manfaat Beras Merah

Manfaat Beras Merah

  1. Dapat mengurangi resiko kanker. Kadar polifenol dalam beras merah sangat tinggi sehingga dapat mencegah penyakit kanker usus besar. Kandungan fitonutrisi yang disebut Lignan pada beras merah juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara
  2. Dapat mencegah penyakti  jantung. Beras merah memiliki serat yang tinggi dan memberikan perlindungan  terhadap penyakt kardiovaskular .
  3. Beras merah dapat menurunkan kolesterol jahat. Beras merah memiliki serat yang mudah larut dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Pada beras merah juga terdapat minyak esensial tinggi yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan hipertensi dan dapat meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik)
  4. Menjaga berat bada tetap stabil. Beras merah merupakan sumber serat terbaik karena memiliki indeks glikemik lebih rendah yang dapat membuat gula darah lebih stabil dan dapat terhindar dari penimbunan lemak dalam tubuh.
  5. Menjaga sistem saraf. Pada beras terdapat kandungan mangan yang berguna untuk membantu dalam proses produksi energi dari karbohidrat dan protein dan  asam lemak dan hormon yang menjaga sistem saraf
  6. Menjaga kesehatan tulang. Kandungan magnesium pada beras merah dapat membantu untuk kesehatan tulang bersama-sama dengan kalsiumd an vitamin D. Magnesium merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tulang yaitu untuk membangun tulang dan menjaga tulang dari kekurangan kalsium sehingga dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin akan terhindar dari osteoporosis
  7. Menjaga kesehatan wanita pasca menopouse. Wanita yang sudah menopouse yang rentan terkena hipertensi, kolesterol tinggi dan penyakit jantung dapat mengkonsumsi beras merah secara rutin karena beras merah memiliki banyak kandungan yang dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

Begitu banyak khasiat beras merah yang memang jarang dibudidayakan oleh masyarakat. Namun beras merah memiliki kandungan yang sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit dan memiliki serat yang tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi yang menjalani program diet.

Related For 7 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan