Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Friday, November 27th 2015. | Manfaat

Manfaat Bawang Merah Bawang Merah mungkin selama ini kita hanya berpikir ia hanya penyedap bagi masakan yang kita buat, atau kita hanya berpikir ia bermanfaat hanya sebatas untuk membuat masakan. Namun tahukah anda secara mendalam bahwa manfaat bawang merah sangatlah banyak? memang bawang merah salam ini hanya terkenal sebagai bumbu penyedap makanan yang biasa kita gunakan sehari-hari tersebut memiliki banyak manfaat, apalagi ketika kita mengkonsumsinya dalam keadaaan mentah atau belum dimasak serta belum diaduk menjadi satu dengan masakan.

Sensasi rasa yang dihasilkan oleh bawang merah memang tidaklah sesedap yang kita bayangkan, ia sedikit terasa pedas. Bahkan ketika kita mengirisnya air mata kita dalam waktu sekejap bisa keluar, hal ini karena efek minyak atsiri yang dikandung oleh bawang  merah tersebut. Namun rasa pedas yang dikandungnya apabila disandingkan dengan manfaatnya tidaklah sepadan. Berikut manfaat bawang merah:

manfaat bawang merah

Manfaat Bawang Merah

  1. Dapat menyembuhkan sembelit

Pernahkah anda mengalami sembelit? mungkin hal ini disebabkan anda kurang mengkonsumsi bawang  merah. Ini kareba bawang merah banyak terkandung minyak alami yang dapat menjadikan partikel-partikel pada makanan yang keras dan ravun yang menumpuk di dalam usus teruarai dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Apabila sembelit menyerag anda, ambillah satu atau dua siung bawang merah untuk anda makan untuk mengobatinya.

  1. Dapat mengendalikan diabetes

Pada abad ini penyakit diabetes sering menyerang pada seseorang, baik itu yang muda maupun yang tua, hal ini bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat maupun oleh ia ada keturunan yang mengidap diabetes. Mungkin bagi anda yang tengah mengidap penyakit diabetes hidupa menajdi tersa sulit karena harus membatasi makanan yang dikonsumsi, namun jangan kawatir anda mulai sekarang mulailah mengontrol diabetes yang menyerang anda dengan rajin memakan bawang merah yang masih mentah. Bawang merah khususnya yang masih mentah mengandung zat yang dapat membantu prosuksi hormon insulin di dalam pankreas yang berfungsi mengontrol gula darah di dalam tubuh.

  1. Bisa menyembuhkan wasir

Ketika anda mengalami sakit wasir atau ambien, bawang merah adalah solusi yang tepat untuk menyembuhkannya.  Memang sudah sejak dulu bawang merah digunakan oleh nenek moyang kita untuk menyembuhkan penyakit wasir atau ambien, dan cukup ampuh dan efektif. Cara penggunaannya pun sama dengan menyembuhkan penyakit yang lainnya yaitu bawang merah dikonsumsi dengan mentah.

  1. Menyembuhkan pendarahan

Mimisan atau pendarahan di hidung seringkali datang secara tiba-tiba tanpa kita duga. Untuk mengobatinya secara tepat dan cepat yaitu menggunakan bawang merah.  Cara penggunaannya yaitu potong bawang merah menjadi tipis-tipis, kemudian hiruplah dengan hidung yang terkena mimisan tadi secara perlahan-lahan.

  1. Dapat mengendalikan kolesterol

Bawang merah memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Cara mengontrol kolesterol dalam tubuh, bawang merah berfungsi mematikan Kolesterol jahat di dalam tubuh. Bahkan bukan hanya itu, ternyata di dalam bawang merah juga mengandung sulfida metylallyl dan asam amino sulfur.

Sekian penjelasan dari saya berkenaan dengan manfaat bawang merah. Baca juga artikel lainnya tentang manfaat bawang putih yang sangat baik terhadap kesehatan dan sangat baik pula untuk menghilangkan jerawat ya sob.

Related For Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan