Manfaat Air Kelapa Muda

Tuesday, September 13th 2016. | Manfaat

Khasiat dan Manfaat Air Kelapa Muda Buat Kesehatan – Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari air kelapa bukanlah hanya sebuah mitos belaka, faktanya memang benar jika air kelapa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat dari air kelapa:

manfaat air kelapa

Manfaat Air Kelapa Muda

  1. Memberi Manfaat Setara Susu Sapi

Di dalam air kelapa muda terkandung protein sebesar 0,2g/100g, sedangkan dalam susu sapi sebesar 3,2g/100g, mengandung asam amino esensial. Asam amino ini sangat diperlukan tubuh dan tidak dapat dibentuk sendiri dalam tubuh hingga harus didapatkan dari luar. Air kelapa mengandung serin (0,91 %), asam amino arginin 12,75 %, sistein (1,17 %), alanin 2,41 % yang kandungannya lebih tinggi dibandingkan susu sapi.Keempat asam amino itu bukanlah asam amino esensial. Asam amino tertinggi pada air kelapa adalah glutamin.

  1. Membuat Kulit Bayi Bersih Saat Dilahirkan

Air kelapa mengandung beragam vitamin, diantaranya vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, riboflavin biotin, dan asam folat. Vitamin C berfungsi dalam pemeliharaan kulit, membantu pembentukan jaringan kolagen dan sebagai antioksida. Kolagen sangatlah dibutuhkan untuk integritas struktur sel, dan menjaga kelenturan kulit.

  1. Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa adalah minuman energi alami karena mengandung cairan isotonik yang mampu mengurangi efek dehidrasi karena berkurangnya cairan tubuh. Oleh karena itu, air kelapa tidak akan membuat tubuh menjadi lemas, apalagi karena air ini mengandung asam amino, vitamin, karbohidrat, dan ion yang memberikan energi bagi tubuh.

  1. Mengurangi Efek Alkohol

Jika anda meminum alkohol, maka minuman tersebut akan masuk ke lambung. Alkohol dapat dikeluarkan dengan cara meminum air kelapa dan akan bereaksi membuat peminum mual dan muntah (dikarenakan air kelapa berfungsi sebagai antidotum yaitu penawar zat-zat tertentu). Selain itu, air ini juga akan melemahkan kadar minuman keras. Namun apabila minuman keras sudah menimbulkan kerusakan pada jaringan yang permanen, maka akan percuma karena tidak akan bereaksi.

  1. Memecahkan Batu Ginjal Dan Mengeluarkannya

Suatu penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat mengeluarkan batu ginjal pada penderita ginjal yang masih berukuran sangat kecil (sebagai diuretic). Namun jika batu besarnya melebihi saluran kencing, maka air kelapa tidak bisa mengeluarkannya.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun dibentuk antajuga berasal dari protein. Protein yang rendah dalam tubuh, maka akan berpengaruh pada antibody yang rendah pula. Air kelapa mengandung zat antibakteri, antijamur dan antivirus. Air kelapa juga mengandung arginin dan glutamin yang melawan virus sehingga mampu membangun sistem kekebalan tubuh.

  1. Menetralisir Racun

Air kelapa mengandung antidotum tapi bukan untuk semua jenis racun. Air kelapa ini bekerja untuk membantu pengeluaran racun yang masih ada di lambung dengan cara membilasnya atau dimuntahkan.

  1. Kelapa Muda Baik di Konsumsi Ibu Hamil

Air kelapa muda atau menurut orang sunda biasa menyebutnya dengan istilah dewegan ini sangat baik jika di konsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa hamil terutama bagi ibu hamil yang sering mengalami muntah-muntah. Selain air kelapa dapat mengatasi mual-mual, ternyata bagi wanita yang sedang hamil tua dan rajin mengkonsumsi air kelapa muda, maka hal tersebut di percaya dapat memperlancar proses persalinan. Ada beberapa mitos tentang manfaat air kelapa muda seperti, jika anda ingin calon anak yang ada dalam kandungan, maka dengan cara rajin mengkonsumsi air kelapa muda keinginan bisa terwujud. Percaya atau tidak terhadap mitos tersebut itu terserah anda, namun manfaat yang terkandung didalam air kelapa muda tidak bisa di pungkiri.

 

Beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang kandungan yang terdapat didalam air kelapa sebagai berikut:

Riboflavin
Biotin
Vitamin C
Asam Folat
Asam Pantotenat dan
Asam Nikotinat

Demikian artikel tentang Manfaat Air Kelapa. Semoga bermanfaat, sekian terimakasih.

Related For Manfaat Air Kelapa Muda