Jenis Kucing Terbesar di Dunia

Sunday, August 7th 2016. | Flora dan Fauna

Jenis Kucing terbesar di dunia merupakan jenis kucing yang memiliki ukuran lebih besar dari pada jenis-jenis kucing yang lainnya. Kucing adalah hewan yang akrab dengan manusia. Kita sering menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Manusia tertarik menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan karena meliki bulu yang indah, mudah dilatih untuk jinak terhadap manusia, dan keunggulan lainnya. Namun kali ini kita tidak akan membahas kucing yang dapat dijadikan hewan perliharaan. Kali ini kita akan membahas spesies biologis kucing yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Kucing-kucing ini lumayan berbahay untuk dijadikan hewan peliharaan. Meskipun memiliki bentuk tubuh yang berbeda satu dengan yang lainnya, namun beberapa kucing ini memiliki beberapa kesamaan dalam perilakunya. Berikut ini 4 kucing terbesar di dunia.

Kucing Terbesar di Dunia

Gambar Singa (Panthera Leo)

Singa (Panthera Leo)

Yang pertama adalah Singa (Panthera Leo). Kucing jenis ini adalah kucing yang hidup dalam kelompok terdiri dari betina dan juga jantan. Berat dari singa ini kurang lebih 150 kg untuk yang betina sedangkan untuk jantan kurang lebih 225 kg. Anda bisa menjadikan singa ini sebagai hewan peliharaan namun harus di sertai dengan surat ijin dari pemerintah. Singa termasuk dalam hewan yang dilindungi, karena banyak sekali pemburu liar yang menginginkan kulit singa. Dalam hal mencari makan singa betina lebih aktif dari pada singa jantan. Singan jantan hanya menunggu hasil buruan dari singa betina.

Jaguar (Panthera Onca)

Jaguar (Panthera Onca)

Yang kedua adalah Jaguar (Panthera Onca). Kucing jenis ini adalah kucing terbesar yang hidup di bagain barat bumi. Kucing jenis ini termasuk kucing yang liar. Apabila diperhatikan secara sekilas kita akan mengira jika jaguarsama dengan macan tutul, namun sesungguhnya jaguar berbeda dengan macan tutul. Batuk tutul pada jaguar memiliki titik-titik kecil ditengahnya sedangkan pada macan tutul kosong. Sedangkan dari segi fisik jaguar memiliki fisik yang jauh lebih besar dan juga lebih kokoh dari pada macan tutul.

Gambar Cheetah (Acinonyx Jubatus)

Cheetah (Acinonyx Jubatus)

Yang ketiga yaitu Cheetah (Acinonyx Jubatus). Kucing jenis ini memiliki teknik lain dalam berburu dengan menggunakan kecepatanya dalam menerjang mangsa.

Cheetah bukan saja kucing terbesar namun juga merupakan kucing tercepat di antara kucing-kucing lainnya dan juga hewan darat tercepat. Cheetah hanya mengejar buruan atau mangsa yang dekat dari jangkauannya. Cheetah tidak menerkan untuk melumpuhkan mangsanya namun hanya dengan memberikan sentuhan kecil pada kaki belakang mangsanya yang sedang berlari. Baru ketika mangsanya jatuh Cheetah akan menerkan tengkuk mangsanya.

Gambar Harimau (Panthera Tigris)

Harimau (Panthera Tigris)

Dan yang terakhir adalah Harimau (Panthera Tigris). Harimau adalah jenis kucing yang paling besar, secara sekilas harimau hamper mirip dengan singa. Namun harimau mempunyai berat badan yang lebih besar dari pada singa. Jenis harimau yang terbesar adalah Harimau Siberia. Harimau memburu mangsa yang agak berat seperti rusa, kijang, babi hutan, dll.

Demikianlah ulasan sedikit mengenai jenisĀ kucing terbesar di dunia.

Related For Jenis Kucing Terbesar di Dunia