Khasiat Dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Saturday, January 16th 2016. | Manfaat

Khasiat Dan Manfaat Madu Beribu tahun silam madu sudah digunakan dalam berbagai bahan pengobatan. Sudah dikatakan dalam Al Quran sejak 1.400 silam bahwasanya madu merupakan obat yang menyembuhkan bagi manusia (QS. An-Nahl: 68-69).

Pada tahun 1930-an sebelum ditemukannya antibiotik madu dulunya masih dipergunakan untuk perawatan bermacam-macam penyakit. Telah diketahui bahwa sudah banyak bakteri yang menjadi resisten terhadap obat, dengan memanfaatkan madu yang berasal dari alam untuk pengobatan.

Berikut terdapat beberapa khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan:

Khasiat Dan Manfaat Madu

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

1.       Obat borok atau luka.

Madu bisa digunakan sebagai perawatan borok atau luka. Madu mengandung enzim dan glukosa yang disebut dengan “oksidase glukosa”. Oksidase glukosa ini mampu memecahkan glukosa madu hingga jadi hidrogen peroksida. Zat itu juga bersifat sebagai antiseptik yang kuat. Perlu diketahui bahwa madu dalam kemasan tidak mampu melakukan reaksi tersebut. Agar dapat aktif dan mampu mengurai glukosa madu, glukosa membutuhkan lingkungan dengan kebutuhan natrium dan pH 5,5-8,0. PH madu murni (berkisar antara 3,2 dan 4,5) terlalu rendah jika digunakan untuk mengaktifkan enzim. Madu mengandung natrium yang memberi kondisi tepat dalam pembentukan hidrogen peroksida.

2.      Mampu merangsang pertumbuhan jaringan

Serbuk sari, propolis, dan enzim, mineral dan vitamin yangterkandung dalam madu bisa merangsang pertumbuhan jaringan yang baru. Fungsinya yaitu mengurangi jumlah jaringan parut dan mempercepat penyembuhan.

3.      Menghaluskan kulit

Zat asam organik ringan dan glukonat lain yang terkandung dalam madu dapat mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, meningkatkan elastisitas kulit, dan membantu mempertahankan kelembaban kulit anda.

4.      Antioksidan kuat

Antioksidan yang tinggi dihasilkan oleh madu sehingga mampu menjaga tubuh dari radikal bebas. Antioksidan “pinocembrin” hanya ditemukan di dalam madu yang berfungsi membuat tubuh lebih sehat, awet muda dan terhindar dari penyakit.

5.      Menurunkan kolesterol darah dan glukosa

Madu mengandung indeks glikemik rendah. Bagi anda yang menderita diabetes diharuskan untuk mengurangi makanan berglisemik tinggi karena  akan mendorong bertambah tingginya glukosa darah. Madu merupakan alternatif pemanis yang paling aman dibanding gula. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu bisa menurunkan glukosa darah. Madu juga membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

6.       Meringankan sakit pernafasan

Madu dapat mencegah bronkitis asma, bronkitis kronis, rinitis kronis, sinusitis dan alergi, selain itu juga sebagai obat yang efektif untuk pilek, flu, dan juga dapat mengantisipasi munculnya infeksi pernapasan.

Selain ketujuh khasiat dan manfaat madu diatas, madu secara keseluruhan sangat baik untuk Anda karena mengandung beragam mineral dan vitamin. Madu yang berwarna gelap mengandung nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan yang berwarna terang. Oleh karena itu mengganti gula dengan madu sebagai pemanis makanan sehari-hari akan memiliki banyak keuntungan bagi anda. Demikian artikel tentang khasiat dan manfaat madu, jangan lupan baca juga atikel lainnya tentang manfaat madu asli untuk kecantikan wajah yang pada kesempatan sebelumnya sudah saya bagikan kepada sahabat dirumah.

Related For Khasiat Dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh