Inilah Khasiat dan Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Wednesday, November 12th 2014. | Manfaat

Manfaat Buah SemangkaBuah semangka merupakan buah yang sangat mudah untuk didapatkan. Buah dengan tekstur bulat besar seperti labu ini dijual di berbagai toko atau kios buah. Buah semangka memiliki bentuk yang bulat besar dengan kulit warna hijau, dan untuk daging buahnya ada yang berwarna merah dan kuning. Seiring dengan perkembangan IPTEK kini ada buah semangka yang tanpa biji.

Kandungan terbesar dari buah semangka air yaitu mendominasi 90%nya. Buah ini sangat cocok sebagai penghilang dahaga karena kandungan air yang banyak. Disisi lain buah semangka memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Buah semangka mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin, betakaroten yang bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin  C yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh, Mineral, Kalium dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi buah semangka secara rutin, tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya.

Berikut beberapa manfaat buah semangka bagi tubuh antara lain:

Manfaat Buah Semangka

Khasiat dan Manfaat Buah Semangka

  1. Membantu kesehatan jantung. Pada semangka terdapat kandungan likopen yang sangat penting bagi kesehatan organ jantung seseorang.
  2. Memberikan kesehatan mata. Buah semangka mengandung betakaroten yang nantinya akan diubah menjadi Vitamin A. Vitamin A inilah yang sangat penting bagi kesehatan mata.
  3. Meningkatkan sistem imun tubuh. pada semangka terdapat kandungan vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit
  4. Terhindar dari radikal bebas. Semangka memiliki kandungan senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas sehingga tidak mengancam kesehatan tubuh
  5. Dapat memperkuat tulang. Semangka memiliki kandungan kalium yang berfungsi mempertahankan kalsium pada tulang. Dengan banyaknya kalsium ini tulang akan selalu sehat dan kuat.
  6. Menyehatkan ginjal. Dengan mengkonsumsi buah semangka yang banyak, akan membantu melancarkan aliran urine dan dengan lancarnya urine yang keluar, ginjal tidak bekerja secara ekstra dan tidak ada pengendapan kapur pada ginjal yang menyebabkan batu ginjal
  7. Buah semangka dapat mengurangi lemak pada tubuh. semangka memiliki kandungan cituline yang banyak. Citruline berfungsi untuk mengurangi lemak jenuh yang berlebihan pada tubuh sehingga dengan mengkonsumsi buah semangka yang banyak akan terhindar dari kegemukan atau obesitas.

Selain beberapa Manfaat Buah Semangka diatas, buah semangka juga bermanfaat untuk kulit. Manfaat buah semangka untuk kulit diantaranya melembutkan kulit, meremajakan kulit, menghindarkan kulit wajah dari flek hitam, dan juga dapat mengilangkan kerutan pada kulit. Berbagai macam kandungan pada buah semangka ternyata tidak hanya berfungsi untuk pelepas dahaga, kesehatan organ saja tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bagi anda yang ingin mendapatkan khasiat yang luar biasa dari manfaat buah semangka ini, dapat membeli di pasar tradisional, lapak, kios buah atau supermarket terdekat.

Related For Inilah Khasiat dan Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan