Jenis-Jenis Ayam Hias Yang Ada di Indonesia

Wednesday, August 20th 2014. | Flora dan Fauna

Banyak sekali jenis ayam yang terdapat di lingkungan kita misalnya; ayam kampung, ayam bangkok, ayam kati dan lain-lain. Dari masing masing jenis ayam, ada yang pandai memainkan suaranya, ada pula yang pandai bergulat seperti ayam Bangkok yang dikenal sebagai ayam aduan atau disebut juga dengan ayam petarung. Ayam merupakan hewan yang sangat banyak manfaatnya, karena selain dapat di manfaatkan dagingnya ayam juga bisa dijadikan hewan yang dapat berpenghasilan uang, dengan cara menernaknya.

Beberapa fakta atau bukti yang sudah menyebar kemana-mana, bahwa ayam adalah hewan yang luar biasa banyak manfaatnya bahkan kita bisa langsung menelusuri ke berbagai daerah. Kita bisa lihat di jalan-jalan banyak sekali orang-orang yang berjualan ayam, misalnya ayam sayur dengan memanfaatkan hanya dengan mengambil dagingnya saja bisa menjadi beberapa bentuk atau warna dagangan, di antaranya seperti; sate ayam, bakar ayam, soto ayam, bubur ayam, dan lain sebagainya. Ini jelas bahwa ayam sangat banyak sekali manfaatnya.

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan banyak lebar membicarakan manfaat daripada ayam. Karena mungkin anda juga pasti sudah tau betul apa manfaat dan kegunaan ayam tersebut. Namun, pada kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang jenis-jenis ayam hias.

Di bawah ini terdapat beberapa jenis ayam hias yang terbilang aneh, lucu, unik dan membuat anda terkagum-kagum saat melihatnya, karena keistimewaan yang ada pada ayam tersebut. jenis ayam hias itu antara lain;

Jenis-Jenis Ayam Hias

Jenis Ayam Hias Ayam Sumatra

  1. Ayam Sumatra

Ciri dari ayam Sumatra ini adalah perawakannya tubuhnya tegap dan kecil. Ayam ini berasal dari Sumatra Barat,sesuai dengan namanya. Ciri lainya yaitu; Jantan Tenggorokannya lebar, berkepala kecil, paruhnya pendek dan berwarna hitam. Kulit muka hitam atau merah, kupingnya merah dan kecil, jenggernya merah dan di tumbuhi bulu-bulunya yang jarang. Berat bobot untuk ayam jantan sekitar 2kg, untuk betina sekitar 1,5kg.

  1. Ayam Selasih

Ayam ini terbilang unik, dan adakalanya ayam ini menjadi ayam hias adapula yang menjadikanya obat tradisional karena banyak sekali kegunaanya bahkan dipercayai mempunyai khasiat di antaranya; melancarkan peredaran darah kemudian menghilangkan kelesuan, menguatkan hati dan pinggang,melegakan migren dan angina dalam badan, melegakan asma, diabetes dsb.

  1. Ayam Jambul Poland Bulu Kapas

Ayam ini mempunyai bulu yang lebat berwarna putih, sesuai dengan namanya mencerminkan ciri fisiknya. Selain itu, keunikan ayam ini adalah ada jambulnya.

  1. Ayam Kate Serama

Ayam ini berukuran hanya separuh dari ayam biasa. Keunikan dari ayam ini bisa berdiri tegak membusungkan dadanya. Walaupun badanya kecil mungil tp, harganya luar biasa mahal, seekor anak ayam ini bisa mencapai jutaan.

  1. Ayam Hutan Kelabu (gallius sonneratii)

Adalah salah satu dari spesies ayam hutan, ayam yang berukuran 80cm. Ayam betina berukuran lebih kecil sekitar 38cm.

  1. Ayam Hutan Hijau (gallus various)

Ayam ini mempunyai panjang kira-kira 70cm, beratnya 0,7-1,5kg. Ayam ini juga tersebar di sekitar Bali, Jawa, Flores dan kangean.

  1. Ayam Hutan Merah (gallus-gallus)

Ayam hutan merah sangat luas penyebaranya, mulai dari India sampai ke Cina dan Indonesia. Ada 5 sub spesies ayam hutan merah ini, yaitu; dua di antaranya adalah gallus-gallus di Sumatra dan gallus-gallus bankiva  di Jawa dan Madura. Kedua spesies ini terdapat di Indonesia, sedangkan 3 sub lainya yakni gallus-gallus murghi terdapat di India dan Bangladesh, gallus-gallus spadiceus di Myanmar dan Vietnam, dan gallus-gallus Jaboullei di Cina selatan dan Hainan. Ayam hutan merah (gallus-gallus bankiva) ini mempunyai ciri jengger berbentuk willah bergerigi merah, pial double. Berat ayam jantan bankiva dewasa 0,7kg dan betina 0,4kg. Ayam hutan merah (gallus-gallus) mempunyai kesamaan ciri dengan ayam bankiva hanya perbedaan dalam berat bobotnya saja, janta dewasa 0,9kg -1,5kg dan betina 0,7-0,8kg.

  1. Ayam Ketawa

Adalah ayam yang sangat unik dengan suaranya, yaitu mirip orang yang sedang ketawa, sesuai dengan namanya ayam ketawa. Ayam ini mudah dipelihara tidak makanan husus dan hebatnya lagi ayam ini kuat di segala macam cuaca.

  1. Ayam onagodari

Ciri-Ciri ayam ini secara keseluruhan warnanya putih bersih, ada juga yang berwarna hitam total, ekornya panjang berumbay-umbay sehingga terlihat sangat anggun seperti pengantin. Ayam ini bersal dari Jepang. Jika memelihara ayam ini harus teratur dan disesuaikan dengan seleranya, karena ayam ini tergolong ayam manja. Jika anda tidak menyediakan makanan kesukaanya, maka ayam ini bakalan mogok makan.

Itulah jenis-jenis ayam hias, Nah, sobat gimana? Pada unik-unik dan lucu-lucu kan?… Semoga anda-anda sekalian puas dengan informasi yang saya berikan saat ini dan mudah-mudahan artikel yang saya buat membawa banyak manfaatnya.

Related For Jenis-Jenis Ayam Hias Yang Ada di Indonesia