5 Hewan Terbesar di Dunia Pada Zaman Purba

Wednesday, November 19th 2014. | Flora dan Fauna

Hewan terbesar di dunia – Mungkin selama ini yang kita ketahui hewan paling besar adalah gajah. Memang benar adanya bahwa gajah memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan hewan-hewan lainnya yang hidup saat ini. Namun tahukah anda bahwasanya dahulu sebelum kehidupan manusia yang sekarang ini terdapat hewan-hewan purbakala yang memiliki ukuran lebih besar bahkan sangat besar dibandingkan dengan hewan gajah yang hidup saat ini. Namun seiring berjalannya waktu hewa-hewan raksasa tersebut mengalami kepunahan yang diakibatkan dari seleksi alam. Berikut ini beberapa hewan terbesar di dunia yang pernah hidup di bumi.

Hewan Terbesar di Dunia

 

Deinosuchus

  1. Deinosuchus

Hewan raksasa ini dinyatakan sebagai nenek moyang dari spesies buaya. Hewan raksasa ini memiliki rahang yang sangat kuat dengan gigi yang panjangnya mencapai 10 cm. Dengan rahang yang sangat kuat itu deinosuchus memiliki kekuatan dalam mengigit mencapai 10.000 pon, hal ini sema dengan 2 kali lipat gigitan yang dimiliki oleh singa. Pada usia dewasa hewan raksasa ini panjangnya mencapai 45 kaki dengan berat badan 12 ton.

Sumber: Deinosuchus

Ornithocheirus

  1. Ornithocheirus

Ornithocheirus adalah hewan terbang terbesar di dunia. Hewan ini hampir sama dengan burung yng hidup pada masa sekarang ini, sama-sama memiliki sayap. Namun bedanya bahwa burung masa sekarang ini memiliki bulu-bulu indah dengan berbagai warna, tetapi ornithocheirus tidak memiliki bulu dengan berbagai warna. Hewan raksasa ini memiliki sayap denga panjang bentang sayapnya mencapai 18 meter. Ornithocheirus memakan ikan.

Sumber: Ornithocheirus

Argentinosaurus

  1. Argentinosaurus

Argentinosaurus adalah hewan darat terbesar yang pernah ada di dunia. Hewan raksasa ini mempunyai panjang badan yang mencapai 45 meter dan berat badan yang mampu mencapai 96 ton. Berat badan dari argentinosuarus sama dengan 10 kali dari berat badan gajah afrika yang terkenal memiliki badan besar di masa sekarang. Menurut pernyataan dari para ahli hewan raksasa ini telah ada 100 tahun yang lalu. Mereka hidup dengan cara berkoloni.

Sumber: Argentinosaurus

Blue Whale

  1. Blue whale

Blue whale biasa disebut juga dengan paus biru. Paus biru ini adalah hewan air terbesar yang pernah ada. Disinyalir keberadaan dari ppaus biru ini masih ada sampai sekarang. Paus biru mempunyai panjang tubuh mencapai 100 kaki dan berat badan yang mencapai 50 ton. Paus biru tidak termasuk kedalam predator air karena hanya memakan plankton dan biota kecil laut lainnya.

Sumber: Blue whale

Meganeuropsis

  1. Meganeuropsis

Elmo adalah orang pertama yang menemukan fosil dari meganeuropsis pada tahun 1973. Dari fosil yang ditemukan menyatakan bahwa meganeuropsis adalah serangga terbesar yang pernah ada. Serangga ini diperkirakan telah ada semenjak 300 juta tahun yang lalu. Serangga ini mempunyai panjang badan sekitar 45 cm dengan bentangan sayap sekitar 70 cm. Demikianlah beberapa hewan terbesar di dunia.

Sumber: Meganeuropsis

Related For 5 Hewan Terbesar di Dunia Pada Zaman Purba