Daftar Nama Jenis-Jenis Burung di Indonesia

Friday, August 22nd 2014. | Flora dan Fauna

Pemirsa, ada kalanya kita di tuntut untuk harus mengetahui nama-nama jenis burung yang ada di Indonesia, apalagi bagi para pengajar  sekolahan. Nah, untuk itu disini kita akan membahas mengenai nama dan jenis burung yang kini sudah banyak berkembang biak di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, bahwa Indonesia itu memiliki ribuan pulau dan tentu banyak sekali ragam hayati yang terkandung di dalamnya, termasuk burung yang hingga sekarang masih terus hidup dan tinggal di pulau-pulau tersebut.

Selain itu didalam hal keaneka ragaman hayati, Indonesia menjadi sebuah Negara terpenting di seluruh dunia dengan cuacanya yang tropikal sehingga tanahnya hampir diselimuti dengan hutan hujan tropis. Dari sekian banyak ragam jenis burung di indonesia  ketika musim dingin tiba, semakin bertambahlah spesies atau nama jenis burung itu di sebabkan bermunculan nya burung-burung yang baru berpindah (bermigrasi).

Adapun jenis burung yang sudah menyebar di Indonesia dan berkembang biak sampai sekarang adalah seperti burung kicau atau pengicau. Burung ini adalah termasuk kerajaan hewan atau burung kelas terbesar. Di perkirakan 5.400 atau bahkan lebih setengahnya jumlah dari jenis burung. Menurut sebagian besar pakar perburungan,Jenis burung ini berukuran kecil dari burung lainya dalam spesies atau ordo tertentu. Lalu apa saja nama-nama jenis burung kicau itu ya? Nah, anda penasaran kan?…

Baiklah dibawah ini terdapat daftar nama-nama jenis burung kicau diantaranya;

nama-nama dan jenis burung

Jenis-Jenis Burung 

  1. Murai daun bersayap biru

Adalah berjenis burung kicau, secara umum warna bulunya hijau daun (hijau terang) kemudian bagian tenggorokan dan pipinya berwarna hitam, itupun jika burung jantan dan juga pada umumya terdapat warna kuning dibawahnya awarna hitam tadi. Murai hijau bisa di bedakan dengan sesuai namanya, yaitu ketika terbang terdapat warna bulu sayap dan ekor ujung berwarna biru. Makanya sulit jika mencermati burung ini di alam bebas, karena terhalang pandangan oleh dedaunan, terkecuali tau persis bunyi suara pada burung tersebut.

  1. Cinenen kelabu

Jenis dari burung kicau ini, memiliki tubuh dengan panjang 10 sampai 12 cm. ciri-ciri burung ini berdarah panas, mempunyai warna coklat kemerahan sebagai bulu dasar dan berbiak nya secara menelur. Bawahnya di selimuti bulu yang menutupi badan dengan warna coklat yang memutih (abu-abu). Kakinya merah dan ekornya selalu terangkat dengan rapih ketika burung beraktivitas.

  1. Glatik

Terdiri dari 2 jenis kicau, yaitu; glatik timor dan glatik jawa. Keduanya hampir sama (mirip) bila di lihat dari segi warna. Tempat yang mereka sukai adalah lapangan luas yang rerumputannya banyak sebagai bahan makanan mereka (burung)dan cara hidupnya pun berkelompok. Selain memakan bulir dari rerumputan mereka juga punya makanan yang utama yaitu padi. Adapun ciri khas pada burung ini kepala berbulu hitam dan pipi berwarna putih, paruhnya tebal dan warnaya merah.

Nah, dari ke-3 jenis burung kicau di atas semoga para pembaca dapat membedakan dari sisi mana letak pebedaan yang terdapat pada jenis burung kicau itu. Dan juga mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang belum memahami dari nama-nama jenis burung tersebut walaupun sedikit dan singkat di dalam artikel ini. Kami haturkan terimakasih telah mau membacanya.

Related For Daftar Nama Jenis-Jenis Burung di Indonesia