Contoh & Perbedaan Hewan Karnivora, Herbivora, dan Omnivora

Thursday, July 28th 2016. | Flora dan Fauna

Perbedaan hewan karnivora, herbivore, dan omnivora serta contohnya. Hewan adalah juga termasuh ke dalam makhluk hidup yang juga membutuhkan makan. Di dunia ini terdapat berbagai macam jenis hewan. Hewan berdasarkan makanannya di bagi menjadi 3 jenis yaitu karnivora, herbivore, dan omnivore. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan suatu hewan di kategorikan ke dalam jenis tertentu. Faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi seperti halnya daerah di mana hewan itu tinggal, konstruksi dari mulut dan juga alat pencernaan. Bagaimana bentuk dari konstruksi gigi hewan tersebut juga memberikan pengaruh. Berikut ini akan kita bahas mengenai perbedaan hewan karnivora, herbivore, dan omnivore serta contohnya.

Karnivora, Herbivora, dan Omnivora

Contoh Hewan Herbivora

  1. Herbivora

Hewan yang termasuk kedalam jenis herbivore adalah hewan-hewan pemakan tumbuhan dan mereka bukanlah jenis hewan buas yang berbahaya. Hewan-hewan yang termasuk ke dalam jenis ini hidup di daerah tropis yang sangat kaya akan tumbuh-tumbuhan hijau yang menjadi makanan pkok hewan-hewan ini. Hewan-hewan yang termasuk ke dalam jenis herbivore memiliki ciri-ciri tersendiri. Pada umumnya hewan-hewan herbivore memeiliki gigi geraham yang berfungsi untuk menguyah tumbuhan hijau menjadi lembut dan juga gigi seri yang berfungsi untuk memotong-motong tumbuhan hijau sebelum dikuyah. Hewan herbivore biasanya dimaanfaatkan oleh manusia untuk diambil dagingnnya seperti contohnya sapi, kerbau, kambing, kuda, dll.

Contoh Hewan Karnivora

  1. Karnivora

Hewan-hewan karnivora adalah hewan-hewan yang buas dan juga memakan daging. Hewan-hewan ini juga hidup di daerah tropis yang banyak terdapat hewan herbivore yang akan mereka jadikan mangsa mereka. Hal ini terjadi karena terbentuknya rantai makanan. Hewan-hewan karnivora sangat berbahaya bagi manusi karena mereka sangat buas, bahkan ada juga hewan karnivora yang menjadikan manusia sebagai mangsa mereka.

Namun tidak semua hewan karnivora bahaya bagi kelangsungan hidup manusia karena ada beberapa jenis hewan karnivora yang akrab atau bahkan bisa dikatan bersahabat dengan manusia seperi kucing, anjing dan beberapa burung pemakan serangga.

Hewan karnivora memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan hewan herbivore. Hewan karnivora memiliki taring dan juga cakar. Kedua hal ini sangat berguna bagi hewan karnivora. Taring berfungsi untuk mencabik daging dari mangsa mereka, sedangkan cakar berfungsi untuk mencengkram mangsa ketika hewan karnivora berburu. Contoh dari hewan karnivora adalah singa, harimau, buaya, dan hewan-hewan buas lainnya.

Contoh Hewan Omnivora

  1. Omnivora

Omnivora adalah gabungan dari kedua jenis yang hewan yang di atas yaitu gabungan antara hewan herbivore dan hewan karnivora. Namun kita biasa mengatakan bahwa hewan omnivora adalah hewan pemakan segala. Hewan ini bisa berasala dari hewan darat maupun hewan air. Hewan jenis omnivora memakan tumbuhan tetapi juga memakan daging. Hewan omnivora tidak memiliki khusu sepertihalnya hewan herbivore ataupun hewan karnivora. Namun hewan omnivora tidak buas seperti hewan karnivora. Contoh dari hewan omnivora adalah Tikus yang memakan segala jenis makanan mulai dari tanaman, daging, bahkan saking rakusnya hewan yang satu ini sering merusak pakaian dan barang-barang yang terbuat dari kertas. contoh lainnya seperti ayam yang memakan biji-bijian tetapi juga memakan cacing, ikan yang memakan cacing juga memakan tumbuhan air.

Demikianlah ulasan sederhana mengenai perbedaan hewan herbivore, karnivora, dan omnivora serta contohnya.

Related For Contoh & Perbedaan Hewan Karnivora, Herbivora, dan Omnivora