Ciri-Ciri & Contoh Hewan Omnivora

Wednesday, August 31st 2016. | Flora dan Fauna

Ciri-Ciri & Contoh Hewan Omnivora – Banyak seklai jenis hewan yang ada di dunia ini, tentunya mereka memiliki perbedaan tersendiri, baik itu dalam makanan, bentuk fisik mereka, kebiasan dan masih banyak lagi perbedaan yang harus kita ketahui supaya bisa kita kelompokkan termasuk kedalam jenis hewan apa hewan yang kita temui itu.

Ada beberapa jenis hewan yang berbeda yang harus kita ketahui yaitu ada jenis hewan Karnivora, Herbivora dan Omnivora. Nah sobat setelahnya kita kemarin membahas dan menjelaskan dengan singkap tentang Karnivora dan Herbivora, sekarang giliran kita untuk membahas dan tentunya menjelaskan apa yang disebut dengan Omnivora.

Pasti sahabat sudah pada tahu dong ya dengan ketiga istilah diatas, namun saya yakin juga ada yang belum tahu, atau mungkin belum paham apa yang dimaksud dengan ketiga istilah itu, nah kalau begitu yuk kita lansgung saja simak dibawah ini penjelasannya.

Contoh Hewan Omnivora

PENGERTIAN OMNIVORA:

Omnivora berasal dari bahasa latin yaitu Omne yang berarti semua atau semuanya dan Vorare yang berarti melahap. Dengan pengertian tersebut bisa kita simpulkan bahwa hewan Omnivora ini merupakan hewan pemakan segala, baik itu tumbuhan maupun daging. Atau dapat kita simpulkan pula bahwa hewan Omnivora ini merupakan gabungan dari hewan Karnivora dan hewan Herbivora yang penjelasannya telah kita bahas terlebih dahulu.

Nah mungkin sudah jelas ya sobat apa itu Omnivora, yang jelas hewan jenis ini merupakan hewan yang memakan semua, yaitu memakan  daging juga tumbuhan yang tidak dilakukan oleh hewan jenis lainnya, baik itu Karnivora maupun Herbivora.

Karena kita sudah mengetahui pengertian Omnivora, maka kita lanjutkan ke penjelasan selanjutnya yaitu tentang Ciri-Ciri hewan pemakan segala ini, kalau begitu yuk kkita simak.

CIRI-CIRI HEWAN OMNIVORA:

Dari penjelasan diatas kita tentunya sudah dapat mengetahui ciri umum dan menonjol dari jenis hewan Omnivora ini, yaitu hewan jenis ini memakan tumbuhan dan daging, karena makanan yang mereka makan ini banyak mereka memiliki gigi graham dan gigi seri yang tajam. Gigi yang tajam terletak di depan itu berfungsi untuk melahap atau menggigit mangsanya, sedangkan gigi yang datar terdapat di belakang itu fungsinya untuk mengunyah makanan yang telah ia tangkap.

Selain itu juga sobat, pencernaan jenis hewan Omnivora ini sangat kompleks itu karena jenis makanan yang ia makan itu berbagai jenis di dalam pencernaannya.

Nah sobat karena kita sudah tahu tentang pengertian serta ciri-ciri hewan Omnivora, sekarang kita saatnya melihat contoh jenis hewan Omnivora ini, yuk kita simak saja.

CONTOH HEWAN OMNIVORA:

  • Manusia
  • Ayam
  • Babi
  • Kera
  • Burung gagak
  • Tikus

Selain contoh diatas, manusia termasuk jenis Omnivora loh sobat, karena manusia itu memakan tumbuhan dan juga daging.

Nah sobat demikianlah penjelasan tentang Pengertian Omnivora yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel tentang Hewan Karnivora dan Hewan Herbivora ya sobat.

Related For Ciri-Ciri & Contoh Hewan Omnivora