Contoh Hewan Herbivora (Pemakan Tumbuhan)

Wednesday, August 31st 2016. | Flora dan Fauna

Contoh Hewan Herbivora (Pemakan Tumbuhan) – Setelahnya kita membahas tentang hewan karnivora kemarin, sekarang nih saatnya kita bahas tentang hewan herbivora yang tentunya harus dan wajib kita ketahui supaya kita bisa mengelompokkan berbagai jenis hewan yang ada di bumi ini, mulai dari bentuk tubuhnya, ciri-ciri tubuhnya, apa yang dimakannya serta banyak lagi hal yang mesti kita ketahui.

Nah setelah kita mengupas tentang jenis hewan yang suka memakan daging atau yang hanya biasa memakan daging, sekarang kita akan membahas tentang hewan yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan dan secara otomatis tidak tergolong kedalam hewan yang suka memakan daging (karnivora).

Tentu sangat jelas sekali ada perbedaan dan bahkan perbedaannya itu sangat dominan sekali antara hewan yang hanya memakan daging (Karnivora) dengan hewan yang hanya memakan tumbuhan (Herbivora), dan perbedaan itu menjadi hal yang akan terus mengganjal dipikiran kita jika kkita tidak mengetahui apa sih yang menjadi perbedaannya itu, hewan apa saja sih yang tergolong karnivora dan herbivora itu, ciri-cirinya bagaimana? pasti pertanyaan itu akan ada dibenak sahabat semua, maka dari itu kami disini menyuguhkan sedikit materi yang mendasar untuk supaya sahabat bisa membedakan mana hewan karnivora dan mana hewan herbivora, nah dari pada sahabat terus-terusan penasaran mending kita langsung saja mulai penjelasannya dibawah ini.

Hewan Herbivora

PENGERTIAN HERBIVORA:

Menurut bahasa Herbivora itu tergabung dari dua kata, yaitu kata herba dan vora. Kata Herba berasal dari bahasa latin yang berarti dedaunan maupun tumbuh-tumbuhan, dan vora juga berasal dari bahasa latin yaitu vorare yang berarti dilahap atau dimakan.

Menurut ilmu Zoologi, Herbivora adalah hewan yang tidak memakan daging dan hanya memakan tumbuh-tumbuhan. Itu merupakan pengertian sebaliknya dari Karnivora yang hewannya hanya memakan daging dan tidak memakan tumbuh-tumbuhan.

Nah karena kita sudah mengetahui pengertian dasar dari hewan Herbivora, sekarang kita cari tahu nih sobat bagaimana sih ciri-ciri hewan yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan ini, kalau begitu kita langsung saja smak penjelasannya dibawah ini.

CIRI-CIRI HEWAN HERBIVORA:

Dari pengertian diatas sudah menyebutkan bahwa hewan herbivora ini merupakan hewan yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan saja, dan itulah ciri utama dari hewan herbivora, jadi jika ada hewan yang makan selain tumbuh-tumbuhan berarti itu bukanlah hewan jenis Herbivora, namun sobat harus tahu juga bahwa ada hewan yang memakan keduanya yaitu memakan tumbuhan dan juga memakan daging dan hewan itu disebut dengan hewan Omnivora, namun kita bahas jenis hewan ini di artikel yang akan datang ya.

Supaya memudahkan kita untuk mengetahui jenis hewan Herbivora ini ada berbagai ciri yang musti kita ketahui dan harus kita simak nih sobat, langsung saja ini dia ciri-ciri hewan herbivora:

  • Beranak
  • Berdarah panas
  • Hidup di daratan
  • Termasuk hewan mamalia
  • Berkaki empat
  • Gigi gerahamnya bergerigi dan lebar

Itu dia ciri-ciri hewan herbivora yang harus kita ketahui, namun sobat tak semuanya hewan yang berkaki empat itu jenis hewan Herbivora ya karena ada juga yang berjenis hewan karnivora, seperti misalnya kucing. Nah karena kita sudah mengetahui pengertian herbivora serta ciri-ciri herbivora, sekarang saatnya kita ketahui contoh hewan herbivora itu yang seperti apa sih yang sudah disebutkan ciri-cirinya di bawah ini, nah kalau begitu yuk langsung simak saja di bawah ini.

CONTOH HEWAN HERBIVORA:

  • Sapi
  • Kuda
  • Domda
  • Panda
  • Kerbau
  • Zebra

Demikianlah sobat artikel yang bisa kami sajikan untuk sahabat semua tentang Hewan Herbivora, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel tentang Pengertian Hewan Karnivora Lengkap dengan Ciri dan Contohnya, semoga berkesan. 🙂

Related For Contoh Hewan Herbivora (Pemakan Tumbuhan)