Cerita Rakyat Tentang Putri Panda Berduri (Asal Mula Persukuan di Pulau Bintan)

Monday, August 29th 2016. | Kumpulan Cerita

Cerita Rakyat Tentang Putri Panda Berduri (Asal Mula Persukuan di Pulau Bintan)

Cerita Rakyat Putri pandan Berduri

Dahulu kala, di pulau Bintan kepulauan Riau hidup seorang Batin dari sekumpulan suku. Batin itu bernama Batin Lagoi.

Suatu hari ia berjalan di pantai yang terdapat banyak sekali semak-semak pandai yang begitu lebat. Lalu kemudian ia mendengar suara tangisan dari semak-semak itu dan iapun mencari asal suara tersebut. Iapun terkejut ketika melihat seorang bayi tergeletak di semak itu sambil menangis. Batin Lagoi merasa iba dan ia membawanya pulang. Bayi itu seorang perempuan yang begitu cantik, Batin Lagoi pun memberikan nama kepadanya Putri Pandan Berduri.

Batin Lagoi merawat Putri Pandan Berduri dan sangat menyayanginya. Semua yang diiinginkan Putri Pandan Berduri itu dikabulkan karena banyak inang disekelilingnya yang siap melayani.

Putri Pandan Berduri itu menjadi anak yang begitu baik, tidak sombong, tutur katanya halus, lemah lembut dan baik budi pekertinya, batin Lagoipun semkain menyaynginya.

Suatu ketika, Putri Pandan Berduri berjalan di kampung dan bertemu seorang nenek yang membawa kayu bakar. Sang nenek sudah begitu tua dan sangat kelelahan membawa kayu bakar itu. Putri Pandan Berduripun berjalan kearah sang nenek itu dan bertanya kenapa dia masih membawa kayu bakar yang sangat banyak sekali padahal sudah tua renta. Sang nenekpun menjawab bahwa ia hidup sendirian dan tidak ada yang menolongnya.sang Putri Pandan Berduripun bertanya lagi kenapa sang nenk itu tidak meminta untuk dibawakan orang lain saja membawa kayu bakarnya. Sang nenekpun tersenyum ketika Putri Pandan Berduri bertanya seperti itu dan dia berkata bahwa ia masih kuat dan tidak mau menggantungkan hidupnya kepada orang lain. Dia harus bekerja keras setiap hari walaupun sudah cukup kebutuhannya. Harta akan habis jika kita tidak terus mencari nafkah. Jawaban sang nenenk itu menggerakkan hati Putri Pandan Berduri tentang arti kehidupan.

Putri Pandan Berduri pulang kerumah, dan meminta ijin untuk meninggalkan rumah sementara waktu kepada batin Lagoi. Sang Putri Pandan Berduri ingin belajar dari sang nenek itu tadi. Mendengar permintaan putrinya Batin Lagoi khawatir tentang keselamatannya. Namun sang Putri tetap memaksa untuk pergi dan ingin belajar dari sang Nenek.

Akhirnya Batin Lagoi menyetujuinya dan sang Putri Pandan Berduri pun akhirnya pergi. Dia hanya membawa beberapa pakaian sederhana saja dan taka da seorangpun inang yang bersamanya.

Sang Putri Pandan Berduri datang ke rumah sang nenek, dan sang nenekpun terkejut ketika sang Putri Pandan Berduri ingin tinggal bersamanya. Namun sang nenek tidk mencegahnya dan sang Putri Pandan Berduri pun akhirnya tinggal di rumah sang nenek.

Putri Pandan Berduri menolong pekerjaan sang nenek hari demi hari. Mulai dari mencari kayu, menanak nasi, menjual kayu bakar, membersihkan rumah, membersihkan halaman, mencuci baju, dan pekerjaan yang lainnya. Sang Putri Pandan Berduri merasa sangat senang dengan semua pekerjaannya itu meskipun terlihat sangat lelah.

Setelah begitu lama ia tinggal di rumah sang Nenek Putri Pandan Berduri akhirnya pulang kembali kerumah Batin Lagoi dengan ilmu yang di dapatnya. Iapun menjadi seorang Putri yang begitu bijaksana dan budi pekertinya semakin baik, iapun sering membantu ayahnya mencari nafkah.

Kebaikan dan kelembutan sang Putri memikat hati seorang pemuda bernama Jenang Perkasa. Pemuda itu juga memiliki budi yang baik dna ia memeberanikan diri dtang ke Batin Lagoi untuk meminang Putri Pandan Berduri untuk menjadi istrinya. Batin Lagoi menerima pinangannya dan merekapun akhirnya menikah.

Pasangan ini akhirnya menggantikan Batin Lagoi dan melahirkan keturunan yang menjadi cikal bakal penduduk Pulau Bintan.

Related For Cerita Rakyat Tentang Putri Panda Berduri (Asal Mula Persukuan di Pulau Bintan)