Cerita Rakyat Tentang Nyi Roro Kidul

Tuesday, November 25th 2014. | Kumpulan Cerita

Cerita Rakyat Tentang Nyi Roro Kidul

Cerita Rakyat Tentang Nyi Roro Kidul

Suatu masa, ada seorang Raja bernama Munding Wangi, Raja itu memiliki seorang putri yang begitu cantik bernama kadita, karena kecantikannya itu, ia suka dipangil Dewi Srengenge yang memiliki arti matahari yang indah. Meskipun sang Raja memiliki seorang Putri yang sangat cantik namun tetap ia merasa sedih karena memang ia menginginkan seorang anak laki-laki. Karena keinginannya itu, maka menikahlah Raja dengan Dewi Mutiara dan mendapatkan seorang putra, semenjak itu sang Rajapun merasa sngat bahagia.

Dewi Mutiara menginginkan putranya itu menjadi Raja kelak, dan meminta kepada Raja untuk menyuruh putrinya pergi dari Istana. Namun tentu saja sng Raja menolak keinginannya itu dn berkata.

“Saya tidak akan membiarkan siapapun menyakiti dan ebrtindak kasar kepada putriku”. Ucap sang Raja.

Ketika Dewi Mutiara mendengar hal itu, iapun tersenyum dan berkata manis di depan Raja, namun usahanya untuk mengusir sang Putri tetap ada.

Ketika pagi hari tiba, Dewi Mutira meminta pembantunya untuk membawa seorang dukun dengan bermaksud ingin mengutuknya. Ia berkata kepada dukun itu.

“Aku ingin tubuhnya yang cantik itu penuh dengan kudis dan juga gatal-gatal, jika kau berhasil maka akan ku berikan imbalan yang sangat besr yang belum perah kau bayangkan sebelumnya”. Ucap Dewi Mutiara.

Sang dukunpun menuruti kemauan Dewi Mutiara itu, dan ketika Kadita sedang tertidur badannya penuh dengan kudis juga gatal, dan ketika ia terbangun, ia kaget karena kulitnya penuh dengan kudis, gatal, dan juga berbau busuk serta bisul. Sang Putri pun menangis karena tak tahu harus berbuat apa.

Ketika sang Raja mengetahui berita itu, iapun merasa sedih sehingga mengundang banyak tabib untuk bisa menyembuhkan putrinya itu. Namun ia sadar bahwa ada seorang yang mengguna-gunainya dan penyakit itu tidaklh akan sembuh. Disana Dewi Mutiarapun terus memaksa sang Raja untuk mengusir snag Putrid an berkata.

“Putrimu akan membawa bencana bagi negeri ini”. ucap Dewi Mutiara.

Hingga akhirnya sang Rjapun menyetujui usulan Dewi Mutiara karena tidak mau jika putrinya itu menjadi gunjingan di seluruh negeri.

Sang Putripun akkhirnya pergi dengan begitu sedih, ia pergi sendirian dn tak tahu harus pergi kemana. Setelah tujuh hari tujuh malam, ia tiba di Samudera Selatan. Iapun terus memandangi samudera itu karena airnya begitu jernih. Iapun melompat dan berenang, ketika itupun mukjizat terjadi karena semua kutukan itu hilang seketika dan iapun menjadi cantik kembali.

Tak hanya itu saja, akhirnya iapun menjadi seorang peri yang biasa orang sebut dengan Nyi Roro Kidul dan memerintahkan seisi Samudera Selatan. Ia biasa juga disebut dengan Ratu Pantai Samudera Selatan yang hidup selamanya.

Related For Cerita Rakyat Tentang Nyi Roro Kidul