Cerita Rakyat Tentang Kisah Lutung Kasarung

Friday, November 21st 2014. | Kumpulan Cerita

Cerita Rakyat Tentang Lutung Kasarung dan Purbasari

Cerita Rakyat Tentang Kisah Lutung Kasarung – Pada zaman dahulu kala, ada sebuah Kerajaan yang di pimpin oleh raja yang sangat bijaksana bernama Prabu Tapak Agung. Ia memiliki dua orang Putri yang cantik-cantik bernama Purbararang dan adiknya Purbasari.

Ketika ayahnya Prabu Tapak Agung mendekati akhir hayatnya, ia menunjuk putri bungsunya Purbasari untuk menjadi pengantinya.

“Aku sudah terlalu tua, sudah waktunya aku turun tahta”. Ucap ayahnya.

Namun ketika ayahnya menunjuk adiknya sebagai penganti ayahnya, kakanya purbararang tidak setuju kalau adknya yang akan menggantikan posisi ayahnya.

“Seharusnya ayahanda memilih aku sebagi penggantinya, karena aku putri sulung”. Ucap Purbararang pada tunangannya Indrajaya.

Akhirnya Purbararang sudah terlalu marah dan berencana untuk mencelakakan adiknya itu dengan menemui nenek sihir untuk menyihir purbasari. Akhirnya nenek sihir itu tiba-tiba berubah kulitnya menjadi totol-totol hitam. Dengan demikian, ia punya alasan untuk mengusir adiknya.

“Orang yang buruk rupa seperti dia tidak pantas menjadi seorang ratu!”. Ucap Purbararang.

Lalu purbararangpun mengasingkan adiknya ke hutan kepada salah seorang patih. Patih itu masih berbaik hati dan membuatkannya pondok untuk Purbasari. Dan tak hanya itu ia juga menasehati Purbasari.

“Tuan putri harus tabah. Ini semua pasti akan berakhir, Yang Maha kuasa pasti bersama Tuan Putri”. Ucap patih.

“Terima Kasih paman”. Ucap purbasari.

Selama di hutan, ia memiliki banyak hewan yang dijadikannya teman yang selalu baik padanya. Dan diantara hewan-hewan itu ada seekor kera berbulu hitam yang sngat misterius. Kera itu sangat perhatian kepada Purbasari, Lutung Kasarung sellau membuat Purbasari gembira dengan mengambilkan buah-buahan, dan bunga-bunga yang indah bersama teman-temannya.

Ketika datang bulan purnama, Lutung Kasarung bertindak aneh. Ia pergi untuk bersemedi ke tempat yang sepi. Ia memohon kepada Dewata dan ini membuktikan kalau lutung kasarung ini bukan makhluk biasa. Tak lama setelah itu, tanah yang ada di dekatnya merekah dan trecipta sebuah telaga kecil yang memiliki air begitu jernih dan juga mengandung obat yang sangat harum.

Besoknya, Lutung Kasarung meminta untuk Purbasari mandi di telaga itu.

“Apa manfaatnya bagiku?” piker Purbasari namun ia tetap menurutinya.

Tak lama setelah ia mandi, kulitnya berubah menjadi bersih dan iapun menjadi cantik lagi. Purbasaripun sangat terkejut dan juga gembira ketika ia bercermin di air telaga itu.

Purbararang memutuskan untuk melihat adiknya di hutan bersama pengawal dan juga tunangannya. Ketika sesampainya di hutan, merekapun saling berpandangan. Purbararang tak menyangka kalau adiknya sudah kembali seperti semula. Purbararangpun tak mau tinggal diam dan mengajukan syarat adu panjang rambut.

“Siapa yang rambutnya paling panjang dialah yang akan memang”. Ucap Purbararang.

Ternyata rambut Purbasari lebih panjang dari pada kakaknya itu. Dan diapun mengalah.

“baiklah aku mengaku kalah, namun sekarang kita adu tampan tunangan kita, ini tunanganku”. Iucap Purbararang kepada Indrajaya.

Purbasari kebingungan dan juga gelisah. Yang akhirnya ia menarik tangan Lutung Kasarung namun Purbararang tertawa trebahak-bahak.

“Jadi tunanganmu itu monyet?”. Purbararang Meledek.

Ketika itu juga Lutung Kasarung bersemedi lagi yang ketika itu trejadilah sebuah keajaiban yaitu dia berubah menjadi seorang pemuda yang begitu tampan dan juga gagah. Semuanya terkejut melihat kejadian itu, dan bersorak gembira. Akhirnya Purbararang mengakui kekalahannya dan iapun memohon maaf atas semua kesalahannya selama ini pada Purbasari. Dan Purbasaripun memaafkan kakaknya itu, setelah kejadian itu semuanya kembali ke Istana.

Akhirnya Purbasari menjadi seorang Ratu, dan di damping oleh pemuda idamannya yang begitu tampan juga gagah. Pemuda yang selama ini selalu ada untuknya dalam wujud seekor Lutung.

Related For Cerita Rakyat Tentang Kisah Lutung Kasarung