Cerita Rakyat Tentang Kisah Legenda Danau Lipan

Thursday, November 20th 2014. | Kumpulan Cerita

cerita rakyat Tentang Danau Lipan

Cerita Rakyat Tentang Danau Lipan

Dahulu, di Kalimantan Timur ada sebuah daerah yang sangat terkenal, namanya yaitu Danau Lipan. Tempat itu kurang lebih 120 km dari hulu Tenggarong Ibukota Kabupaten Kutai kartanegara. Meskipun namanya Danau, namun bukanlah danau yang ada di sana melainkan padang yang amat luas yang banyak tumbuhan perdu dan semak.

Dulu, kota Muara Kaman juga sekitarnya merupakan lautan yang tepinya berada di Berubus, kampung Muara Kaman ini lebih di kenal dengan sebutan Benua Lawas. Ketika itu ada sebuah kerajaan yang bandarnya begitu ramai dan dikunjungi karena letaknya yang strategis yaitu di tepi laut.

Di kerajaan tersebut ada seorang putri yang begitu cantik jelita bernama Putri Aji Bedarah Putih. Ia diberi nama seperti itu karena ketika sang Putri itu makan sihir dan menelan air sepahnya maka air sepahnya itu akan tampak dikerongkongannya mengalir.

Kecantikan juga keanehan Putri itu terdengar oleh Raja Cina dan iapun segera berangkat beserta bala tentaranya untuk pergi melamar sang putri. Ketika sang Raja tiba dan menyampaikan pinanganny, sebelumnya sang Putri menjamu Raja itu untuk menyantap makanan. Sang Raja tak tahu kalau dirinya sedang di uji oleh sang Putri yang tak hanya cantik melainkan juga pandai dan bijaksana. Ketika sang Putri dan sang Raja itu makan, sang putri melihat kejorokan sang Raja yaitu, ia makan bukan dengan tangannya melainkan langsung dengan mulutnya seperti anjing.

Sang Putri Aji Bedarah Putih itu merasa jijik juga merasa tidak dihormati oleh sang Raja Cina karena dia tidak menyesuaikan dirinya. Ketika mereka selesai makan san Raja Cina itupun mengajukan lamarannya dan dengan murkanya sang Putri menolak:

“Betapa hinanya saya seorang Putri yang jika dijodohkan dengan orang yang makannya menyesap seperti anjing!”

Ucapan itu membuat raja Cina pun menjadi murka karena selain lamarannya di tolak iapun dihina oleh sang Putri. Karena sang Raja malu juga murka, ia menebusucapan sang Putri dengan membawa bala tentara yang kuat untuk menundukan sang Putri dengan menghancurkan kerajaan dan menawannya.

Perang pun terjadi dengan dahsyat antara bala tentara Aji Bedarah Putih dan bala tentara Cina. Namun sayang Bala tentara Putri Aji Bedarah putih itu tak sanggup menahan amukan bala tentara dari Cina sehingga sang Putri sangat geram dan juga sedih karena ia melihat kalau peperangan itu akan di menangkan oleh lawannya, maka dari itu sang Putripun menampakan kemurkaannya.

Sang Putri langsung memakan sihir dan berkata:

“Jika memang aku titisan Raja Sakti, maka jadilah sepahku ini lipan yang bisa memusnahkan Tentara Raja Cina.”

Setelah itu, tersemburlah sepah dari mulutnya ke arah peperangan. Tak lama kemudian sepah sirih itupun berubah menjadi beribu-ribu ekor lipan yang begitu besar. Dan lipan-lipan itu menyerang tentara Cina dengan begitu bengis.

Bala Tentara Raja Cina pun musnah satu persatu oleh lipan tersebut, tentara lain beserta sang raja pun lari terbirit-birit yang ingin meningggalkan Muara kaman tersebut, namun sayang lipan-lipan itu tak memberiikan ampunannya dan membinasakan semua bala tentara dan juga sang Raja hingga menyerbu ke Jung Cina. Akhirnya mereka musnah dan Jung merekapun di tenggelamkan.

Sementara itu, sang Putri Aji Bedarah Putih hilang entah kemana secara gaib. Dengan menghilangnya sang Putri dengan Gaib, maka gaib pulalah Sumur Air Berani, sebagai kekuatan tenaga sakti kerajaan itu. Jung Raja Cina yang di tenggelamkan itu akhirnya dangkal dan menjadi suatu daratan dengan padang yang begitu luas. Yang dengan demikian tempat itu sekarang di sebut dengan Danau Lipan.

Related For Cerita Rakyat Tentang Kisah Legenda Danau Lipan